Tuesday, September 15, 2020

Ditengah Ketegangan di Mediterania Timur, Menhan Turki Berkunjung ke Republik Turki Siprus Utara

Menteri pertahanan Turki mengunjungi Republik Turki Siprus Utara (TRNC) pada hari Minggu untuk menyaksikan Latihan Badai Mediterania-2020.



Setelah menyelesaikan kunjungannya ke distrik Kas Turki di provinsi selatan Antalya, Menteri Pertahanan Nasional Hulusi Akar dan Kepala Staf Umum Jenderal Yasar Guler bersama dengan perwira militer lainnya melakukan kunjungan ke Lefkosa, ibu kota TRNC.


Akar akan menyaksikan aktivitas Distinguished Observer Day Latihan Kapten Martir Cengiz Topel Topel Mediterania-2020.


Angkatan bersenjata Turki dan Republik Turki Siprus Utara (TRNC) memulai latihan militer gabungan di Siprus Utara Minggu lalu.


Wakil Presiden Turki Fuat Oktay telah mengumumkan di Twitter bahwa latihan, Badai Mediterania, adalah demonstrasi keinginan mereka untuk melawan mereka yang mencoba membatasi Turki ke Teluk Antalya sambil mengabaikan orang Siprus Turki.


Ketegangan telah memuncak selama berminggu-minggu di kawasan itu, karena Yunani telah mempermasalahkan eksplorasi energi Turki di Mediterania Timur.


Turki - negara dengan garis pantai terpanjang di Mediterania - telah mengirimkan kapal bor untuk mengeksplorasi energi di landas kontinennya, menegaskan hak Turki dan TRNC di wilayah tersebut.


Ia secara konsisten menentang upaya Yunani untuk mendeklarasikan zona ekonomi eksklusif berdasarkan pulau-pulau kecil di dekat pantai Turki, mencoba untuk membatasi wilayah maritim Turki hingga hanya Teluk Antalya.


Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan satu-satunya solusi untuk perselisihan itu terletak melalui dialog dan negosiasi untuk mencapai kesepakatan win-win untuk berbagi, dan telah mendesak Athena untuk menghormati hak-hak Turki.


Siprus telah dibagi menjadi pemerintahan Siprus Turki di utara dan pemerintahan Siprus Yunani di selatan sejak kudeta militer 1974 yang bertujuan untuk mencaplok Yunani, dan intervensi militer Turki berikutnya untuk mengakhiri tahun penganiayaan dan kekerasan terhadap Siprus Turki oleh ultra-nasionalis Cypriot Yunani.


Sumber : Anadolu Agency 



Artikel Terkait