Sunday, September 13, 2020

Tak Banyak Yang Tahu! 5 Fakta Menarik Seputar Hari Kunjung Perpustakaan Nasional Empat Belas September

 Tak Banyak Yang Tahu! Fakta Menarik Seputar Hari Kunjung Perpustakaan Nasional Empat Belas September

Oleh : Nadiah Robbaniyah


Semua pasti tahu tempat favorit bagi si kutu buku jika sedang berada di sekolah. Perpustakaan, tempat yang menyediakan berbagai macam jenis buku. Di mulai dari buku pelajaran, ensiklopedia, dan bahkan novel. Namun, apa kamu tahu jika di Indonesia memiliki perayaan untuk hari kunjung perpustakaan?




Hari kunjung perpustakaan jatuh pada tanggal 14 September di setiap tahunnya. Sama seperti hari besar lainnya, hari kunjung perpustakaan memiliki beragam fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui! Penasaran? Mari kita simak bersama :


1. Diresmikan sejak tahun 1995 sebagai hari kunjung perpustakaan nasional dan hari gemar membaca


Perayaan ini pertama kali diselenggarakan oleh presiden ke-2 Indonesia yakni Jenderal Besar TNI H. M. Soeharto berdasarkan surat Kepala Perpustakaan Nasional RI pada 11 Agustus 1995 yang ditujukan kepada beliau. Surat tersebut mendapatkan respons baik dari presiden, kemudian sejak saat itu ditetapkanlah hari kunjung perpustakaan tanggal 14 September yang juga dicanangkan untuk mendukung gerakan gemar membaca bagi masyarakat Indonesia. Karena minat membaca masyarakat pada saat itu dan sampai saat ini masih sangat kurang dibandingkan dengan negara lain.


2. Jumlah perpustakaan Indonesia menempati urutan kedua terbanyak di dunia


Pada tahun 2019 Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) mencatat bahwa ada 164.610 perpustakaan di berbagai wilayah dan perpustakaan sekolah mengambil porsi besar sebesar 113.541 bangunan. Indonesia hanya kalah jumlah dari India sebanyak 323.605 perpustakaan.


Namun sangat di sayangkan, belum banyak perpustakaan sekolah di Indonesia memiliki Surat Keputusan (SK) pembentukan perpustakaan sekolah. Pihak sekolah berasumsi jika keberadaan perpustakaan sekolah sama dengan keberadaan berdirinya sekolah. Namun faktanya, tak semua sekolah di Indonesia memiliki perpustakaan.


3. Memiliki perpustakaan terbanyak kedua di dunia, tetapi masih minim minat baca masyarakatnya


Tidak sama hal nya dengan jumlah, minat baca masyarakat indonesia menempati kategori rendah di dunia. Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara dalam laporan berjudul World's Most Literate Nations. Itu artinya, masih minim sekali minat masyarakat Indonesia terhadap dunia literasi terutama membaca.


4. Jumlah perpustakaan sekolah mendominasi, namun kelayakan bangunan masih sangat dipertanyakan


Walaupun jumlahnya mencapai 113.541 bangunan, masih banyak di temukan perpustakaan dengan kondisi tidak layak dan bahkan rusak total.


 Disinilah pentingnya mengurus SK pembentukan perpustakaan, karena sebagai sebuah institusi, setiap perpustakaan harus memiliki standar yang cukup baik untuk memiliki izin beroperasi agar siswa mendapatkan akses yang nyaman didalam perpustakaan sehingga nanti minat baca dapat perlahan-lahan meningkat.


5. Pemerintah gelar program perpustakaan sebagai program prioritas nasional


Perpusnas melakukan beberapa program dalam upaya mereka meningkatkan literasi informasi masyarakat, program yang dijalankan Perpusnas berdasar pada Rencana Strategis (Renstra) periode 2015-2019. Program diantaranya adalah membangun perpustakaan di beberapa lokasi di Indonesia, perpustakaan keliling dan membuka akses membaca berbagai literatur melalui website resmi Perpusnas.


Adanya perpustakaan sebagai sarana dalam meningkatkan literasi memang belum bisa mengambil hati masyarakat, namun upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas perpustakaan sangat perlu dukungan dari kita semua. Jadi, jangan lupa sempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca di perpustakaan ya!


Daftar Pustaka

https://www.perpusnas.go.id/

https://onesearch.id/Record/IOS10664.article-886/TOC#tabnav

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/education/amp/dewa-putu-ardita/hari-kunjung-perpustakaan

pustakawanjogja.blogspot.com/2018/09/sejarah-hari-kunjung-perpustakaan-dan.html?m=1

Artikel Terkait