Thursday, October 15, 2020

Militer Azerbaijan Berhasil Membebaskan 8 Desa Lagi dari Armenia

Tentara Azerbaijan telah membebaskan delapan desa lagi dari pendudukan Armenia, presiden Azerbaijan mengumumkan pada hari Rabu.


“Angkatan Darat Azerbaijan yang mulia telah membebaskan desa-desa Garadaghli, Khatunbulag, Garakollu di distrik Fuzuli, dan desa Bulutan, Melikjanli, Kemertuk, Teke dan Tagaser di distrik Khojavend. Hidup Tentara Azerbaijan! Karabakh adalah Azerbaijan! ” Ilham Aliyev mengatakan di Twitter.



Dalam operasi tentara Azerbaijan menanggapi pendudukan pasukan Armenia, Cebrail, Hadrut, dan lebih dari 30 desa sebelumnya dibebaskan.


Jaksa di Azerbaijan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa 42 warga sipil Azerbaijan tewas dan 206 warga sipil terluka akibat serangan Armenia pada 27 September-Oktober. 13.


Satu lagi warga Azerbaijan dibunuh oleh pasukan Armenia pada hari Rabu, sehingga jumlah korban tewas sipil dalam serangan Armenia menjadi 43.


Bentrokan dimulai pada 27 September ketika pasukan Armenia menargetkan pemukiman sipil Azerbaijan dan posisi militer di wilayah tersebut, yang menyebabkan korban jiwa.


Hubungan antara dua bekas republik Soviet telah tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, atau Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.


Sekitar 20% wilayah Azerbaijan tetap berada di bawah pendudukan ilegal Armenia selama sekitar tiga dekade.


Kedua negara telah membuat keputusan gencatan senjata kemanusiaan, yang mempertimbangkan pertukaran pemakaman dan tahanan di Karabakh Atas, efektif mulai siang hari pada 10 Oktober, selama pertemuan trilateral menteri luar negeri Rusia, Azerbaijan, dan Armenia yang diadakan di Moskow.


Tetapi pasukan Armenia pada 11 Oktober melancarkan serangan rudal ke kota terbesar kedua di Azerbaijan, Ganja - meskipun wilayah tersebut berada di luar zona garis depan - mengakibatkan 10 korban sipil dan melukai 35.


Sumber : https://www.aa.com.tr/en/azerbaijan-front-line/azerbaijan-frees-8-more-villages-from-armenia/2006196

Artikel Terkait