Thursday, November 19, 2020

Netty Aher Mengokohkan Jiwa Nasionalisme dan Solidaritas Masyarakat Indramayu di Masa Pilkada

WartaNusa, Indramayu - Masyarakat Indramayu akan  menghadapi pilkada pada 9  Desember 2020. Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani Aher, menyosialisasikan 4 pilar kebangsaan  pada masyarakat  guna mengokohkan jiwa nasionalisme dan solidaritas.


"Dalam waktu dekat, Indramayu akan menghadapi pilkada serentak 2020. Berdasarkan pengalaman, proses pemilihan kepala daerah menjadi salah satu kegiatan yang berpotensi memecah belah masyarakat akibat perbedaan dukungan paslon.  Pembekalan sekaligus sosialisasi empat pilar ini diharapkan membuat  masyarakat lebih waspada dan bijaksana dalam mengelola perbedaan dukungan. Jangan sampai persatuan dan ketentraman di masyarakat terkoyak," ungkap Netty dalam acara yang digelar di aula RM Sambel Lada, Haurgeulis Indramayu, Rabu, 18/11.



Dalam kegiatan tersebut, tokoh perempuan Jawa Barat ini berpesan, "Pancasila, UUD 1945, NKRI dan semboyan Bhineka Tunggal Ika merupakan warisan para  pendiri bangsa yang harus terus dipelihara dan dijaga bersama. Nilai-nilai  empat pilar, seperti jiwa nasionalisme dan solidaritas,  harus disosialisasikan pada masyarakat agar wujud dalam.keseharian.  Kita tidak ingin nilai-nilai ini hanya menjadi simbol yang tidak bermakna," katanya.


Oleh karena itu, kata Netty, penanaman  nilai empat pilar harus dilakukan sejak dini pada anak-anak. "Keluarga menjadi tempat utama dan pertama untuk menanamkan  nilai-nilai empat pilar seperti  nasionalisme, solidaritas dan persatuan. Jadi, kita perlu memberi dukungan pada keluarga agar mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Itulah sebabnya saya mengusulkan RUU Ketahanan Keluarga dibahas di DPR RI agar negara hadir dalam memberi dukungan, perlindungan dan akses pada keluarga untuk menjadi keluarga yang kuat, berkualitas dan berketahanan," jelasnya.


Dalam pembukaan acara, Sekum DPD PKS Kab. Indramayu Hadi Hartono, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara sosialisasi empat pilar dan meminta masyarakat Indramayu tetap menjaga persatuan, saling menghormati dan tidak melanggar hukum dalam proses memberi dukungan pada paslon. "Wong Dermayu harus fokus pada upaya perubahan kondisi sosial ekonomi Indramayu dengan berpegang pada nilai-nilai empat pilar," ujarnya.


Melihat antusiasme dan keseriusan masyarakat, Netty yakin bahwa sikon Indramayu tetap kondusif  di masa pilkada ini. "InsyaAllah masyarakat Indramayu tetap solid dan guyub. Mari kita bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta memastikan keamanan dan ketertiban di sekitar lingkungan,"  tutup Netty.

Artikel Terkait