Senin, 22 Februari 2021

4 Tips Bagi Pelajar Agar Tidak Jenuh Menjalani PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)

 4 Tips Bagi Pelajar Agar Tidak Jenuh Menjalani PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)

Oleh Hamidah


[wartanusantara.idPada 2 Maret 2020, untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia. Semenjak itulah banyak perubahan yang terjadi dalam berjalannya roda perekonomian, sosial, dan juga pendidikan di Indonesia. 

Pendidikan adalah salah satu hal yg terkena dampak dari adanya virus Covid-19 ini. Dikarenakan virus Covid-19 ini berbahaya, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk para sekolah agar melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). 

Dampak dari PJJ ini sangatlah bervariasi. Contohnya: Menambah pengeluaran untuk membeli kuota belajar, sulit ketika sedang ada tugas kelompok, sulit akan sinyal, dan banyak dampak lainnya. 

Jenuh adalah salah satu dampak yang sangat dirasakan oleh para pelajar ketika PJJ saat ini. Banyak cara untuk mengatasi jenuh ini. Berikut 4 Tips agar PJJ terasa menyenangkan dan tidak membosankan: 

1. Pilihlah Tempat Belajar yang Nyaman 


Akibat dari adanya virus Covid-19, membuat para pelajar menggunakan rumahnya untuk melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Gimana agar PJJ tidak terasa membosankan? Salah satunya ialah dengan mencari tempat yang nyaman ketika belajar. Kita dapat mengubah atau mendekor salah satu ruangan rumah agar menjadi tempat yang mendukung kita dalam proses PJJ ini. 

2. Belajar Sambil Mendengarkan Musik 


Ada beberapa orang yang dapat konsentrasi belajar sambil mendengarkan musik, ada pula orang yang terganggu belajarnya ketika sambil mendengarkan musik, meskipun itu hanya instrument, alias tanpa lirik. Hmmm,,, kalian termasuk golongan yang mana nih? 

Dilansir dari Hello Sehat, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan University Health News, saat kamu mendengarkan musik, maka saraf-saraf di otakmu akan menjadi lebih aktif sehingga hal tersebut dapat meningkatkan suasana hati dan kemampuan kognitif otak, terutama daya ingat. Nah, karena selera orang berbeda-beda, maka pilihlah musik sesuai karakter kamu ya. 

3. Gunakan Teknik belajar yang Kamu Sukai 


Di masa pandemi Covid-19 ini, tugas adalah salah satu hal yang membuat pembelajaran jarak jauh ini terasa berat dan membosankan. Mengapa terasa berat dan membosankan? Karena para pelajar salah mengambil cara atau teknik dalam mengerjakan tugas itu sendiri. Mereka banyak menggunakan waktu malamnya untuk bergadang dengan alasan mengejar deadline. Para pelajar harusnya terlebih dahulu mengenali tipe belajar, lalu ketika sudah dapat mengenali tipe belajar, carilah teknik belajar yang tepat, lalu yang terpenting tumbuhkan mindset bahwa belajar adalah suatu hal yang menyenangkan. 

4. Lakukan Refreshing 


Di masa pandemi ini kita tidak perlu refreshing keluar rumah ya. Kita dapat mencari hobi baru yang dapat kita lakukan di dalam rumah dan juga melakukan meditasi. Apa sih manfaat dari refreshing ini? Manfaat nya adalah mengembalikan tubuh dan otak kita jadi lebih fresh. 

Nah 4 Tips tadi, coba kamu lakuin ya di keseharian mu, agar belajar tidak lagi membosankan, jenuh, apalagi berat. Hidup generasi milenial!  

Referensi: 

Pranita, Ellyvon. 2020. “Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Januari”, https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari, diakses pada 21 Februari 2021 pukul 18.18. 

Yunita, Olivia. 2020. “4 Tips agar Belajar di Rumah Tidak Membosankan”, https://blog.ruangguru.com/4-tips-agar-kegiatan-belajar-di-rumah-tidak-membosankan, diakses pada 21 Februari 2021 pukul 18.21. 

Artikel Terkait