Senin, 22 Februari 2021

5 Tips Menjadi Pemuda Yang Produktif

 5 Tips Menjadi Pemuda Yang Produktif 

Oleh Hamidah



[wartanusantara.idMasa muda yakni waktu yang sangatlah berharaga, banyak yang bilang masa muda ialah masa dimana kreatifitas, ide dan produktifitas ini sedang bertumbuh sangat baik. Namun para pemuda saat ini banyak yang tidak dapat menggunakan waktu mudanya dengan baik, karena mereka hanya menggunakan kemudahan zaman ini dengan berleha leha dan hanya menjadi penikmat dari semua kemudahan tersebut. 

Bagaimana cara pemuda agar dapat menggunakan masa mudanya dengan produktif??? Berikut ialah 5 tips agar kalian menjadi pemuda yang produktif 

1. Tentukan skala prioritas pekerjaanmu 


Ketika mendapat pekerjaan atau pun tugas, maka kelompokkan pekerjaan tersebut dengan menentukan skala prioritas. Di bagi 3 bagian, yakni: sulit, sedang, dan mudah. Kemudian kerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu. Mengapa ? karena pekerjaan yang sulit akan memakan waktu yang lebih banyak dibanding pekerjaan yang sedang dan mudah. Setelah pekerjaan yang sulit telah terselesaikan maka kerjakan pekerjaan yang sedang, kemudian dilanjutkan dengan yang mudah. karena jika yang sulit telah terlewati, maka yang sedang dan mudah pun akan terasa ringan bila dikerjakan. 

2. Lakukanlah pekerjaanmu satu persatu 


Banyak orang yang merasa bahwa kemampuan multitasking akan membuahkan hasil yang maksimal. Pada nyatanya multitasking tersebut tidak selamanya baik, mengapa? Karena dengan kita mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu akan membuat fokus kita buyar dan tidak akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi kita sebelumnya. Maka kerjakanlah pekerjaan satu persatu agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Buatlah pengingat atau reminder apa saja yang akan kamu kerjakan di setiap harinya 


Mungkin banyak dari kita memiliki kelemahan dalam mengingat sesuatu. Maka dengan reminder atau pengingat ini akan sangatlah membantu agar waktu yang kita miliki dapat di pergunakan dengan baik. Jika kalian sudah terbiasa menggunakan metode ini, maka kalian akan menjadi pribadi yang disiplin akan waktu, akan menjadi pribadi yang produktif dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. 

4. Luangkan beberapa waktu untuk rehat sejenak 


Menjadi produktif bukan selamanya harus bekerja, belajar, dan mencari ya. Luangkan lah waktu beberapa menit atau beberapa jam untuk me time atau rehat sejenak. Fungsi dari rehat ini apa sih? Fungsi nya ialah untuk me refresh otak yang sedari tadi berkutik untuk mencari ide dan kreativitas. Caranya? Carilah hal yang membuatmu relax dan tempat yang kamu sukai. Keuntungan dari rehat ini juga akan membuahkan ide dan kreativitas baru untuk melanjutkan pekerjaanmu berikutnya. Jadi, jangan lupa rehat! 

5. Istiqomah, konsisten, dan jangan lupa selalu bersyukur dan beribadah 


Langkah terakhir untuk menjadi pemuda yang produktif ialah istiqomah dan konsisten pada pekerjaan tersebut. “lakukanlah suatu pekerjaan sedikit sedikit namun istiqomah, daripada melakukan suatu pekerjaan yang banyak namun hanya dikerjakan satu kali”. Dan juga jangan lupa untuk selalu bersyukur dan beribadah. “manusia hanya dapat berusaha dan yang menentukan hasilnya hanyalah Allah SWT”. Jadi, jangan lupa untuk selalu beribadah dan bersyukur! 

Itulah beberapa tips agar kita menjadi pemuda yang produktif. Hidup pemuda indonesia!

Referensi: 

It’s Me, Sire. 2020. ”5 Langkah Mudah Jadi Anak Muda Produktif, Biar Auto Sukses!”, https://www.idntimes.com/life/inspiration/nur-mar-a-siregar/5-langkah-jadi-anak-muda-produktif-c1c2/5, diakses pada 21 Februari 2021 Pukul 15.24. 

*Penulis merupakan mahasiswa STEI SEBI

Artikel Terkait