Tips Mudah dalam Memulai Bisnis

 Tips Mudah dalam Memulai Bisnis

Oleh Dhany Widiantari


Penghasilan orang berbisnis adalah Sebaik-baik penghasilan, berdasarkan Hadis Rasulullah SAW dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak sombong, apabila diberi amanah tidak berkianat, apabila berjanji tidak mengingkari, apabila membeli tidak mencela, apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikan harga), apabila berhutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi di daam Syu’abul Iman, Bab Hifzhu Al-Lisan IV/221)


Banyak orang ingin memiliki bisnis yang sukses namun takut memulainya. takut akan risiko dalam berbisnis, takut gagal, takut tidak balik modal sehingga mengalami kerugian, dan lain sebagainya. Memulai bisnis itu mudah asalakan dengan cara dan langkah yang tepat sebelum dan saat menjalankan bisnis tersebut. Langsumg saja mari kita bahas tips dalam memulai bisnis bagi pemula. 


Pertama, tentukan jenis usaha yang akan kita jalani, bisa yang sesuai dengan fashion kita, bisa juga mengikuti tren bisnis yang sedang berkembang. Kuncinya kita mau belajar, kerja keras dan pantang menyerah.


Kedua, melakukan survey: survey pasar, survey harga, dan survey lokasi. Survey pasar dilakukan untuk menentukan konsumen yang membutuhkan produk kita, survey harga dilakukan untuk menentukan harga produk kita, survey lokasi dilakukan untuk menentukan tempat penjualan produk kita jika usaha kita dijalankan secara offline.


Ketiga, berfikir kreatif, kita perlu berfikir kreatif terus mencari ide untuk melakukan inovasi dan mengembangkan usaha kita. 


Keempat, tentukan visi dan misi usaha yang tengah kita rintis agar kita tahu kelebihan dan kekurangan usaha kita jika disandingkan dengan kompetitor usaha (pesaing). 


Terakhir, mencari mentor karena kita perlu bimbingan dari orang yang sudah lama terjun didunia perbisnisan. Mencari tahu risiko dan peluang bisnis yang kita jalankan secara detail. Hal tersebut harus dilakukan karena sebagai persiapan bagi mental kita jika suatu saat terjadi hal yang tidak kita inginkan didalam bisnis kita.


Perlu kita ketahui menurut pendiri Indonesia Young Entrepreneur (IYE), Christovita Wiloto, terdapat 4 pilar utama dalam berbisnis yang harus dicermati agar bisnis kita sukses, yaitu


- Motivasi: motivasi merupakan penggerak roda bisnis bagi seorang pembisnis agar terus melangkah maju karena dalam dunia bisnis penuh dengan tantangan dan rintangan. 


- Lingkungan: lingkungan merupakan pilar selanjutnya yang harus kita cermati karena dengan lingkungan yang mendukung kita, bisnis akan lebih cepat berkembang dan bertumbuh, akan ada banyak manfaat yang akan kita dapat jika kita ikut bergabung dalam lingkungan komunitas entrepreneur, selain itu kita juga dapat menjadikan lingkungan tersebut sebagai wadah untuk belajar mengenali dunia bisnis lebih dalam.


- Jaringan atau Koneksi: jaringan atau koneksi sangat penting bagi seorang pembisnis karena seorang pembisnis tanpa jaringan ibarat berjalan dijalan tanpa petunjuk arah, kita bisa kebingungan dan tersesat.


- Simulasi dan Praktek: simulasi atau praktek penting bagi para pengusaha untuk membuatnya lebih yakin dan percaya diri dalam menjalankan bisnis.


Terakhir dari saya rumus dari kesuksesan adalah berfikir besar


  • Ingin kaya? Kayakan orang lain
  • Ingin sejahtera? Sejahterakan orang lain
  • Ingin menjadi orang besar? Besarkan orang lain


Terimakasih semoga bermanfaat.

Penulis merupakan Mahasiswi Stei Sebi

0/Post a Comment/Comments