Sejarah Awal Mula Do'a Qunut

[wartanusantara.id] Qunut artinya ketaatan, patuh, berdiri lama dan diam. Biasanya do'a qunut dibaca pada raka'at terakhir sesudah i'tidal yang lazim dilakukan dalam shalat Subuh dan pada shalat Witir setelah melewati pertengahan dari bulan Ramadhan.


Tahukah anda sejarah awal mula do'a qunut dalam Islam?


Dalam buku Nurul Yaqin karya Muhammad Al-Khudari Bek pada sub judul Kaum Muslimin yang Lemah Dicegah Berhijrah. Berikut kutipannya;

Kaum musyrikin Mekah mencegah sebagian kaum muslimin berhijrah, serta menangkap dan menyiksa mereka. Kaum Muslimin yang mendapat perlakuan tersebut antara lain Al-Walid bin Al-Walid, Iyasy bin Rabi'ah, dan Hisyam bin Al-Ash. Oleh sebab itu, Rosulullah selalu mendo'akan mereka  dalam shalatnya. Inilah awal mula do'a qunut. Do'a ini dilakukan Rosulullah SAW pada waktu-waktu shalat yang berbeda-beda. Do'a ini dilakukan Rosulullah SAW terkadang dalam rakaat ganjil shalat Isya dan terkadang dalam shalat Subuh sesudah Ruku' dan sebelumnya. Setiap Sahabat meriwayatkan hadist tentang qunut ini sesuai dengan apa yang dilihatnya, dan hal inilah yang menjadi penyebab perbedaan pendapat ulama dalam permasalahan tempat qunut dibaca.

0/Post a Comment/Comments