OPCW : Rezim Assad menggunakan senjata kimia di Saraqib (Suriah)

[wartanusantara.idRezim Assad menggunakan senjata kimia terhadap populasinya di Saraqib, Suriah pada tahun 2018, kata pengawas global pada hari Senin.

Laporan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) disiapkan oleh Tim Investigasi dan Identifikasi (IIT), yang laporan pertamanya tentang penggunaan senjata kimia diterbitkan pada April 2020.

(Photo : Anadolu Agency)

“Laporan tersebut mencapai kesimpulan bahwa ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa, sekitar pukul 21:22 pada 4 Februari 2018, sebuah helikopter militer Angkatan Udara Arab Suriah di bawah kendali Tiger Forces menghantam Saraqib timur dengan menjatuhkan setidaknya satu silinder. , ”Kata organisasi antar pemerintah itu dalam siaran pers.

“Silinder pecah dan melepaskan klorin di area yang luas, mempengaruhi 12 individu yang disebutkan,” tambahnya.

OPCW, badan pelaksana Konvensi Senjata Kimia (CWC) yang berbasis di Den Haag, Belanda, dengan 193 negara anggotanya, mengawasi upaya global untuk menghilangkan senjata kimia secara permanen.

Penggunaan senjata kimia oleh rezim Assad sebelumnya telah dikonfirmasi oleh penyelidik PBB serta OPCW.

Penggunaan klorin oleh rezim Assad sebagai senjata kimia merupakan pelanggaran kewajibannya di bawah CWC, di mana ia merupakan salah satu pihak, serta Resolusi Dewan Keamanan PBB 2118.

0/Post a Comment/Comments