Kadar zakat fithrah dengan beras

 Kadar zakat fithrah dengan beras

Oleh Abdullah Al Jirani

[wartanusantara.idNabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan umatnya untuk mengeluarkan zakat fitrah sebesar satu sha’. Satu sha’, sama dengan empat mud. Jika dikonversi dalam ukuran sekarang, kurang lebih 2,4 kg. Disebutkan dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji, juz I, hlm. 230 : 

وَالصَّاعُ الَذِيْ كَانَ يَسْتَعْمِلُهُ رَسُوْلُ اللهِ - صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - إِنَّمَا هُوَ عِبَارَةٌ عَنْ أَرْبَعَةِ أَمْدَادٍ، أَيْ حَفَنَاتٍ، وَهَذِهِ الْحَفَنَاتُ الأًرْبَعُ مُقَدَّرَةٌ بِثَلاَثَةِ أَلْتَارٍ كَيْلاً، وَتُسَاوِيْ بِاْلوَزْنِ (2400) غُرَاماً تَقْرِيْباً.

“Satu sha’ yang dulu digunakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ialah ungkapan dari empat mud. Artinya empat cakupan penuh dua telapak tangan. Empat cakupan ini jika diperkirakan dalam takaran, sekitar 3 liter. Dalam timbangan, kurang lebih setara dengan 2,400 gram (2,4 kg).”


Penjelasan di atas juga bisa disimak di kitab Al-Mu’tamad fii Al-Fiqh Asy-Syafi’i, juz 2, hlm. 100. Ada ulama lain yang menetapkan bahwa satu Sha’ setara dengan 2,7 Kg. Diantara mereka adalah Syekh Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili rahimahullah dalam kitab beliau Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu, juz III, hlm. 2035.

Jadi, kadar zakat fithrah 2,5 Kg yang biasa dikeluarkan oleh masyarakat muslimin di Indonesia, adalah sudah sah serta sudah sesuai dengan pandangan mazhab Syafi’i. Kadar ini juga merupakan pendapat MUI serta keputusan resmi Kementrian Agama RI. Tapi jika ingin lebih aman, bisa dikeluarkan 2,7 Kg. Jika ingin lebih aman lagi, bisa dikeluarkan lebih dari itu, semisal 3 Kg. Karena para ulama menganjurkan untuk melebihkan timbangan zakat fitrah.

Wallahu a’lam.
(Abdullah Al-Jirani)

Kadar zakat fithrah dengan beras Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan umatnya untuk mengeluarkan zakat...

Dikirim oleh Abdullah Al Jirani pada Rabu, 05 Mei 2021

0/Post a Comment/Comments