SEMINGGU MENGGUNAKAN EFAKTUR VERSI 2,0 (BAGIAN 3)

Oleh Aylan Zein

Maaf atas judul nya ya, kesannya kok buat tulisan seolah ga ada ending nya ya.  Bukan maksud mengulur tulisan, tapi yang saya tulis ini adalah berdasarkan pengalaman tiap minggunya.  Sebagaimana sebelumnya, kali ini masuk minggu ketiga saya gunakan efaktur versi 2,0.  dan.. ada hal baru lagi yang baru saya alami.


Kemarin, saya cross cek data retur ke salah satu pembeli saya yang termasuk kategori PKP (Pengusaha Kena Pajak).  Oke, saya minta tuh data retur yang sudah dia upload selama tahun 2017.  karena saya mau cek khawatir ada dokumen yang dia sudah upload tapi saya belum terima.  Entah nyangkut dimana itu dokumen.  Mengingat pembeli kantor saya tersebar di jawa barat agak puyeng untuk administrasi retur ini kalo sendirian.  Sebut aja nama pembeli saya kemarin adalah Bapak S dengan putlet di wilayah cianjur.  Dari data yang di berikan Bapak S ini ternyata ada retur bulan januari yang belum masuk di efaktur saya.  Oke akhirnya saya masukkan itu data retur ke efaktur. 

Sebelum saya masukkkan ke efaktur, saya diberikan capture approval nota retur dari bapak S.  nota retur tersebut sukses.  Namun, ketika saya import ke efaktur di tolak system dengan alasan “nomor dokumen retur sudah terdaftar”.  Whats?! Berarti udah ada dong nomor retur ini.  Saya cek di retur keluaran efaktur nomor retur tsb, sebut aja nomor returnya 12345.  ternyata memang retur keluaran dengan nomor 12345 sudah ada, tapi.. untuk Pembeli PKP lain.  Aduh.  Di program efaktur sebelumnya sih kalau kejadian begini masih bisa di import ya, karena ngunci ke NPWP.  Kalau NPWP nya beda nomor retur sama ya ga masalah.  Karena kan kewajiban sebenarnya yang membuat nota retur itu kan pembeli.   Pembeli buat retur pembelian trus di berikan ke penjual untuk di akui sebagai retur keluaran.  Hmm, beberapa kali saya import dan rekam manual ditolak terus dengan alasan yang sama ‘nomor dokumen retur sudah terdaftar”.  Saya berfikir gimana kalau ada 2 PKP dengan NPWP berbeda yang menerbitkan nomor dokumen tetur yang kebetulan nomor nya sama,  ga bisa masuk dong di efaktur saya, sementara di efaktur pembeli terupload sukses.  Waduh gimana ya.  Ya udah kemarin saya email deh tim IT dari KPP terdaftar dan email juga ke Tim Efaktur Jakarta.  Cuma mungkin banyak pertanyaan yang masuk, email saya belum di balas sampai saya buat tulisan ini.

Sambil tunggu email dari tim efaktur dan tim IT KPP Terdaftar, saya ulik deh itu efaktur baru.  Penasaran bangeet.  Akhirnya saya coba lagi import retur 12345 itu tapi saya ganti dulu nomor returnya jadi 123456.  Oke, karena nomor retur berbeda, berhasil import dan masuk ke data retur keluaran yang belum di upload. Nah, setelah itu saya ubah nomor returnya sesuai data semula jadi 122345 lalu simpan dan upload. Yeah berhasil sukses.  Oo ternyata harus gitu ya strategi nya.  Tadinya kalau cara itu tidak berhasil, saya mau minta tolong ke pembeli saya untuk membatalkan nota retur 12345 dan diaganti nomor nya dengan nomor retur baru.  Tapi kalau ini, catatannya pembeli harus mau melakukan pembetulan SPT nya juga ya. 

Sementara review saya masih di minggu ketiga, minggu depan saya mulai posting SPT.  Semoga lancar jaya seperti SPT sebelumnya.

Baca Juga artikel sebelumnya


0/Post a Comment/Comments