Oleh Aylan Zein
Maaf atas judul nya ya, kesannya kok buat tulisan seolah ga ada
ending nya ya. Bukan maksud mengulur
tulisan, tapi yang saya tulis ini adalah berdasarkan pengalaman tiap
minggunya. Sebagaimana sebelumnya, kali
ini masuk minggu ketiga saya gunakan efaktur versi 2,0. dan.. ada hal baru lagi yang baru saya alami.
Kemarin, saya cross cek data retur ke salah satu pembeli saya yang
termasuk kategori PKP (Pengusaha Kena Pajak).
Oke, saya minta tuh data retur yang sudah dia upload selama tahun
2017. karena saya mau cek khawatir ada
dokumen yang dia sudah upload tapi saya belum terima. Entah nyangkut dimana itu dokumen. Mengingat pembeli kantor saya tersebar di
jawa barat agak puyeng untuk administrasi retur ini kalo sendirian. Sebut aja nama pembeli saya kemarin adalah
Bapak S dengan putlet di wilayah cianjur.
Dari data yang di berikan Bapak S ini ternyata ada retur bulan januari
yang belum masuk di efaktur saya. Oke
akhirnya saya masukkan itu data retur ke efaktur.
Sebelum saya masukkkan ke efaktur, saya diberikan capture approval
nota retur dari bapak S. nota retur
tersebut sukses. Namun, ketika saya
import ke efaktur di tolak system dengan alasan “nomor dokumen retur sudah
terdaftar”. Whats?! Berarti udah ada
dong nomor retur ini. Saya cek di retur
keluaran efaktur nomor retur tsb, sebut aja nomor returnya 12345. ternyata memang retur keluaran dengan nomor
12345 sudah ada, tapi.. untuk Pembeli PKP lain.
Aduh. Di program efaktur
sebelumnya sih kalau kejadian begini masih bisa di import ya, karena ngunci ke
NPWP. Kalau NPWP nya beda nomor retur
sama ya ga masalah. Karena kan kewajiban sebenarnya yang membuat nota retur itu kan pembeli. Pembeli buat retur pembelian trus di berikan
ke penjual untuk di akui sebagai retur keluaran. Hmm, beberapa kali saya import dan rekam
manual ditolak terus dengan alasan yang sama ‘nomor dokumen retur sudah
terdaftar”. Saya berfikir gimana kalau
ada 2 PKP dengan NPWP berbeda yang menerbitkan nomor dokumen tetur yang
kebetulan nomor nya sama, ga bisa masuk
dong di efaktur saya, sementara di efaktur pembeli terupload sukses. Waduh gimana ya. Ya udah kemarin saya email deh tim IT dari
KPP terdaftar dan email juga ke Tim Efaktur Jakarta. Cuma mungkin banyak pertanyaan yang masuk,
email saya belum di balas sampai saya buat tulisan ini.
Sambil tunggu email dari tim efaktur dan tim IT KPP Terdaftar, saya
ulik deh itu efaktur baru. Penasaran
bangeet. Akhirnya saya coba lagi import
retur 12345 itu tapi saya ganti dulu nomor returnya jadi 123456. Oke, karena nomor retur berbeda, berhasil
import dan masuk ke data retur keluaran yang belum di upload. Nah, setelah itu
saya ubah nomor returnya sesuai data semula jadi 122345 lalu simpan dan upload.
Yeah berhasil sukses. Oo ternyata harus
gitu ya strategi nya. Tadinya kalau cara
itu tidak berhasil, saya mau minta tolong ke pembeli saya untuk membatalkan
nota retur 12345 dan diaganti nomor nya dengan nomor retur baru. Tapi kalau ini, catatannya pembeli harus mau
melakukan pembetulan SPT nya juga ya.
Sementara review saya masih di minggu ketiga, minggu depan saya
mulai posting SPT. Semoga lancar jaya
seperti SPT sebelumnya.
Baca Juga artikel sebelumnya