Manajemen Strategi untuk Memperbesar Omset Bisnis

                                                   Oleh Ana Syahidah

Banyaknya masyarakat di Indonesia membuat angka perekonomian bertambah, berbagai keahlian yang dimiliki masyarakat banyak sekali diantaranya keinginan akan berusaha. Semakin canggihnya teknologi saat ini sangat membantu dalam perekonomian. Orang sering menamainya dengan berbisnis, dan apakah bisnis itu ? Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit). Dengan berbisnis pun setiap orang dilatih menjadi pemimpin, agar bisnisnya berjalan dengan baik.



Semua orang pasti menginginkan berbisnis, akan tetapi langkah-langkah untuk memulai bisnis belum dimiliki setiap orang. Ketika sudah memiliki niat ingin berbisnis, dan mental yang kuat maka apa yang diinginkan InsyaAllah bisa terwujud, ketika sudah memiliki bisnis yang dijalankan maka hal dasar yang bisa dilakukan dengan cara memanajemen segala hal. Akan tetapi apa arti dari manajemen itu sendiri,sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi. Memanajemen dalam berbisnis sangatlah penting, agar hal kecil dan hal besar bisa dikelola dengan tersusun.


Ketika bisnis di manajemen dengan baik, maka hal apa yang bisa membuat bisnis kita terus berjalan dengan omset yang terus meningkat dilakukan dengan cara yang terstruktur / memiliki strategi-strategi yang tepat, dalam menjalankan sebuah bisnis juga harus menyusun strategi bisnis yang merupakan hal penting yang perlu dilakukan sejak awal. Strategi bisnis adalah upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis. Dengan adanya strategi bisnis, perusahaan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan dan lain sebagainya.


Manajemen Strategi dapat memberikan pengaruh yang besar kepada bisnis yang menggunakan sistem manajemen tersebut. kebanyakan dari pengaruh tersebut menghasilkan dampak yang positif bagi bisnis itu tersendiri. Beberapa diantara dari pengaruhnya adalah :


A. Aktivitas formulasi strategi akan mempertinggi kemampuan bisnis  dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Jadi setiap bisnis yang mendapati masalah, akan dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat. Dan juga akan memberi kemampuan untuk pengelola bisnis dalam menganilisis suatu masalah, dan menyelesaikannya dengan baik dan cepat. Proses manajemen strategi pun akan memberikan hasil keputusan terbaik dikarenakan interaksi kelompok mengumpulkan berbagai strategi yang lebih besar. Dan keterlibatan pembisnis di dalam formulasi strategi akan dapat memperbaiki pengertian mereka atas penghargaan produktivitas di dalam setiap perencanaan strategi dan dengan demikian dapat mempertinggi motivasi bisnis mereka, dan juga dapat meningkatkan kualitas produksi pada bisnis serta dapat mempercepat waktu produksi.


B. Penerapan manajemen strategi ini membuat manajemen bisnis menjadi lebih peka terhadap ancaman yang datang dari luar, dan menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi yang menggunakan konsep manajemen strategi akan lebih profitable (menguntungkan) dan lebih berhasil daripada yang tidak menerapkannya.

 

Dalam menjalankan sebuah bisnis, menyusun strategi bisnis adalah hal penting yang perlu dilakukan sejak awal. Strategi bisnis adalah upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis. Dengan adanya strategi bisnis, perusahaan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan dan lain sebagainya. Untuk mencapai omset bisnis yang maksimal, berikut enam strategi bisnis yang dapat dilakukan.


1. Perhatikan Kualitas


Saat ini, semakin banyak bisnis baru yang bermunculan dengan produk beragam. Namun, bisnis yang benar-benar memerhatikan kualitas dapat dibilang hanya sedikit. Kualitas dalam bisnis adalah hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen. Perhatikan kualitas dari beberapa unsur yang Anda jual dalam bisnis tersebut. Mulai dari kualitas kemasan, kualitas rasa (jika menjual produk makanan), kualitas isi produk, kualitas bahan baku hingga kualitas layanan yang terbaik. Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis lebih maju.


2. Kenali Target Pasar


Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, kita harus menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menjadi pemakai produk yang kita jual, maka kita dapat mengetahui siapa target pasar kita dan apa yang mereka inginkan dari produk yang kita jual tersebut. Hal ini akan membuat kita lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari bisnis kita.


3. Kreativitas dan Inovasi


Kreativitas dan inovasi merupakan modal penting dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan wacana lainnya sebagai sumber inspirasi. Ide kreatif dapat menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar pada bisnis kita. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang kita tawarkan maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak merasa bosan.


4. Promosi Efektif


Melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi yang wajib dilakukan oleh pebisnis. Saat ini, melakukan promosi sangatlah mudah, bahkan dapat dilakukan secara gratis. Kita dapat menggunakan social media atau media online lainnya untuk memperkenalkan produk dan melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk Anda. Saat melakukan promosi, sebaiknya gunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang kita jual. Lakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah terjaring.


5. Manfaatkan Teknologi


Pemanfaatan teknologi untuk bisnis dapat memotong biaya produksi yang dibutuhkan. Contohnya jika sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan teknologi mesin hingga robot, makan otomatis biaya operasional karyawan juga dapat ditekan. Terlebih jika bisnis digital, kita dapat menjalankan bisnis secara otomatis dengan memanfaatkan platform yang ada.


6. Manajemen Bisnis


Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen ini adalah manajemen keuangan. Ingat, keuangan merupakan nyawa dari setiap bisnis yang kita jalankan. Salah satu manajemen keuangan yang penting untuk dilakukan adalah melakukan proses akuntansi secara tepat dan akurat.


Maka dengan Strategi-strategi tersebut mampu meningkatkan omset pada bisnis yang kita jalankan, sehingga mengurangi dampak negatif pada setiap langkah yang kita lakukan.


Penulis merupakan mahasiswi STEI SEBI Depok

0/Post a Comment/Comments