Cara Mengetahui kepribadian Orang Lain

 Cara Mengetahui kepribadian Orang Lain

Oleh Erna Nurliza




Mungkin Sebagian dari kita sangat menginginkan untuk memiliki kemampuan yang bisa menebak atau memecahkan kode-kode yang ada pada orang-orang di sekitar kita dengan mudah. Yakni dengan memiliki kemampuan untuk membaca karakter orang lain.


Membaca karakter orang sangat berguna untuk mengetahui cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk menghadapi makhluk social yang beragam yang tentunya memiliki sifat yang berbeda-beda.


Kita mengenal seseorang, tetapi belum tentu kita mengetahui dan mengenal betul sifat dan kepribadian seseorang tersebut,. Menebak karakteristik orang memang menyenangkan dan penuh tantangan. Dengan begitu mengetahui kepribadian seseorang menjadi hal yang sangat penting, karena dengan hal tersebut, dengan gampangnya kita melakukan sesuatu dan mendapatkan sesuatu dari apa yang kita ketahui dan apa yang kita fahami dari sifat dan karakter seseorang.


Mengetahui kepribadian orang lain seringkali diremehkan oleh orang yang belum mengerti bagaimana cara mendapatkan hati seseorang. Padahal mengetahui kepribadian seseorang menjadi hal yang sangat penting, jadi kita bisa mengerti dan memahami orang nya seperti apa, dengan itu kita bisa menjadi orang terdekat dan mungkin menjadi orang yang dipercaya.


Berikut tips “Cara Mengetahui Kepribadian Orang lain”


      ·         Tentang apa yang dibicarakan

Menentang apa yang dibicarakan atau pendapat seseorang menjadi hal yang sangat mudah untuk mengetahui kepribadian orang lain, karna dengan kita menentang tentu akan terjadi kemungkinan-kemungkinan yang nggak kita ketahui, dengan kita menentang tentu kita mengetahui kepribadian seseorang itu seperti apa, dengan caranya merespon dan menanggapi.


     ·         Cara berjabat tangan

Berjabat tangan bisa menjadi cara membaca karakter seseorang dengan efektif. Jabatan tangan yang kuat menandakan seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, sementara jabatan tangan lemah bisa menunjukkan kurangnya kepercayaan diri seseorang. Juga menunjukkan bahwa dirinya selalu mencari jalan yang mudah dalam melakukan segala sesuatunya.


Satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjabat tangan dengan erat adalah seseorang yang extrovert, ekspresif dan bukan merupakan orang yang pemalu.


     ·         Caranya melakukan kontak mata

Banyak orang yang tidak melakukan kontak mata walaupun sedang berhadapan dengan lawan bicaranya. Orang yang melakukan kontak mata dengan benar adalah orang-orang yang percaya diri dan secara social dia adalah orang yang dominan. (Dilansir dari dosenpsikologi.com)

Muka garang adalah orang yang solid


     ·         Jika seseorang tampak ganas, kemungkinan ia adalah orang yang solid

Anda pasti pernah menemui orang yang berwajah garang dan berlaku kasar, membuat anda merasa tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan dirinya. Namun ternyata dalam kondisi tertentu, orang-orang ini bisa menjadi lebih baik ketimbang orang lainnya.


Orang-orang ini adalah tipe kompetitip sehingga mereka akan melakukan apapun untuk membuat diri atau tim mereka menang. Salah satunya, orang-orang ini akan bersikap sangat kooperatif Ketika berada dalam tim anda harus menang dari tim lainnya. (Dilansir dari cracked.com)


-Apabila lawan bicara kita mempertahankan kontak mata saat berbincang berarti ia adalah sosok yang agresif dan agak menyeramkan. Akan tetapi jika ia mempertahankan kontak mata sekitar 60% maka karakternya menyenangkan, ramah, mudah dipercaya, dan menarik. Kurangnya kontak mata saat berkomunikasi dapat mencerminkan bahwa kurangnya kemauan control diri.


Seorang ahli grafologi kathi McKight memaparkan bahwa ukuran tulisan besar lebih cenderung extrovert sedangkan tulisan lebih kecil kearah introvert.


Selain itu untuk model tulisan, rangkain huruf  yang cenderung miring ke kanan berarti mereka mempunyai sifat sentimental dan ramah. Jika rangkaian tersebut tegak maka mereka bersifat pragmatis. Sedangkan tulisan lebih condong ke arah kiri maka mereka mempunyai sifat introspektif.


Biasanya ini menjadi factor kedua setelah mata dalam menggambar kepribadian seseorang. (Dilansir dari POPBELA.com).


Dengan kita mengetahui tips-tips menebak karakter orang kita bisa dengan mudah memprediksikan apa yang akan dilakukan orang tersebut dalam kondisi yang tertentu pula.

 

Selamat Membaca.


Sumber :

https://dosenpsikologi.com/cara-membaca-karakter-seseorang

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2597983/5-cara-mudah-kenali-kepribadian-seseorang-dalam-5-detik

 

 

Oleh      : Erna Nurliza

Status    : Mahasiswi STEI SEBI

Email    : nurlizaerna17@gmail.com

0/Post a Comment/Comments