Pilpres AS : Trump mengizinkan transisi ke pemerintahan Biden

 Presiden AS Donald Trump mengatakan Senin malam bahwa dia menyarankan timnya untuk memulai "protokol awal" untuk transisi ke pemerintahan Presiden terpilih Joe Biden.


Emily Murphy, administrator Administrasi Layanan Umum AS (GSA), sebuah badan independen pemerintah, memberi tahu Biden dalam sebuah surat bahwa dia sekarang dapat mengakses jutaan dolar dalam dana federal dan sumber daya lain untuk memulai peralihannya ke kekuasaan.


"Seperti yang dinyatakan, karena perkembangan terkini yang melibatkan gugatan hukum dan sertifikasi hasil pemilu, saya telah menetapkan bahwa Anda dapat mengakses sumber daya dan layanan pasca pemilu yang dijelaskan dalam Pasal 3 Undang-Undang jika diminta," katanya.


Murphy mengatakan dia membuat keputusan secara independen, mengutip hukum dan fakta yang tersedia.


"Saya tidak pernah secara langsung atau tidak langsung ditekan oleh pejabat Cabang Eksekutif mana pun — termasuk mereka yang bekerja di Gedung Putih atau GSA — sehubungan dengan substansi atau waktu keputusan saya," tambahnya.


Dalam sebuah tweet, Trump berterima kasih kepada Murphy atas dedikasinya untuk negara.


Dia mengatakan Murphy "telah dilecehkan, diancam, dan dianiaya - dan saya tidak ingin hal ini terjadi padanya, keluarganya, atau karyawan GSA".


"Kasus kami SANGAT berlanjut, kami akan terus berjuang dengan baik, dan saya yakin kami akan menang! Namun demikian, demi kepentingan terbaik Negara kami, saya merekomendasikan agar Emily dan timnya melakukan apa yang perlu dilakukan sehubungan dengan protokol awal , dan telah memberi tahu tim saya untuk melakukan hal yang sama. "


Tweet itu muncul beberapa minggu setelah pemilihan presiden 3 November karena Biden adalah pemenang yang diproyeksikan dan akan dilantik pada Januari. Trump membantah hasil pemilu dan mengklaim dia akan memenangkan pemilihan Gedung Putih.


(Anadolu Agency)


Yohannes Abraham, direktur eksekutif transisi Biden, menyambut baik berita dari GSA.


"Keputusan akhir ini merupakan tindakan administratif definitif untuk secara resmi memulai proses transisi dengan badan federal.


"Di hari-hari mendatang, pejabat transisi akan mulai bertemu dengan pejabat federal untuk membahas respons pandemi, memiliki perhitungan penuh tentang kepentingan keamanan nasional kami, dan mendapatkan pemahaman lengkap tentang upaya administrasi Trump untuk melubangi lembaga pemerintah," kata Abraham.


Sumber : https://www.aa.com.tr/en/americas/trump-authorizes-transition-to-biden-administration/2053639

0/Post a Comment/Comments