PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA, BINA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM KELUARGA

[wartanusantara.idBANDUNG - Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bhakti Kencana, Mufti Fauzi Rahman, M.I.Kom membuka Webinar dan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Orang Tua dengan tema "Membangun Komunikasi Efektif dalam Keluarga” yang diselenggarakan Prodi Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan SD Sedunia Bandung secara daring di aplikasi Zoom, Rabu (28/4/2021). 


Sekolah orang tua dengan tema komunikasi efektif dalam keluarga ini digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para orang tua dalam melakukan komunikasi yang efektif bagi keluarga khususnya di tengah pandemi Covid-19 dimana intensitas pertemuan keluarga menjadi lebih banyak. 

Kepala sekolah SD Sedunia, Lalan Sahlani, S.Pd.I., M.Ag menyambut baik kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Bhakti Kencana dalam sekolah orang tua ini dan berharap agar kerjasama antara SD Sedunia dan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bhakti Kencana akan tetap terjalin dengan baik. 

"Harapannya dari kegiatan ini tidak selesai sampai disini. Ada kegiatan tindak lanjut, berupa pemberian materi dan pembinaan yang bermanfaat untuk kegiatan sekolah orang tua. Dan semoga materi komunikasi efektif dalam keluarga ini menjadi masukan yang bermanfaat untuk meraih keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah," tuturnya. 

Narasumber dalam webinar Komunikasi Efektif dalam Keluarga adalah dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bhakti Kencana sekaligus Motivator Ketahanan Keluarga (Motekar) Siti Nur'aeni, S.Sos.I, M.I.Kom. 

Siti mengatakan, pentingnya komunikasi efektif antara suami dan istri, sehingga dapat menularkannya pada anak. Dalam hubungan keluarga, komunikasi adalah kunci dalam berinteraksi, bukan hanya antara pasangan tapi juga terhadap anak dan anggota keluarga lainnya. 

"Setiap anggota keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam komunikasi keluarga. Semua berperan dalam komunikasi yang baik, tetapi yang paling berperan adalah ayah dan bunda, orang tua. Antara suami dan istri harus baik komunikasinya sehingga baik pula komunikasi pada anaknya" jelas Siti. 

"Komunikasi yang baik akan menciptakan suasana yang hangat. Saya sangat mengharapkan dengan PKM ini, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bhakti Kencana berperan memberikan ide-ide dan gagasannya untuk permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat salah satunya permasalahan komunikasi dalam keluarga. Sehingga dengan materi ini bisa menciptakan keharmonisan dan terbentuknya komunikasi yang efektif dalam keluarga“ tambah Siti. 

Acara ini adalah salah satu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bhakti Kencana dengan peserta guru dan orang tua murid sebanyak 42 orang dari SD Sedunia (Nadia U. Amini)

0/Post a Comment/Comments