Pusat Penelitian Israel : Angkatan Laut Turki adalah kekuatan maritim terkuat di kawasan

[wartanusantara.idAngkatan Laut Turki telah dinyatakan sebagai kekuatan maritim terkuat di kawasan itu, menurut analisis Israel baru-baru ini, menyusul tindakan tegas yang diambil oleh Turki untuk melindungi kepentingan sahnya di Mediterania Timur dan kemajuan teknologi Ankara di bidang pertahanan.

(Photo : Yeni Safak)

Penilaian tahunan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Kebijakan & Strategi Maritim Universitas Haifa memuji armada angkatan laut Turki yang canggih, sementara juga memperingatkan bahwa Israel harus secara serius mempertimbangkan "potensi ancaman" yang ditimbulkan oleh Ankara.

"Ankara membangun Angkatan Laut yang menjadi ciri kekuatan regional dan dapat melaksanakan operasi jarak jauh," kata seorang ahli dalam analisis tersebut.

Turki, yang memiliki garis pantai kontinental terpanjang di Mediterania Timur, telah menolak klaim batas maritim oleh Yunani dan pemerintahan Siprus Yunani, menekankan bahwa klaim yang berlebihan ini melanggar hak kedaulatan Turki dan Siprus Turki.


Ankara tahun lalu mengirim beberapa kapal bor untuk mengeksplorasi gas di Mediterania Timur, menegaskan haknya di wilayah tersebut, serta milik Republik Turki Siprus Utara (TRNC).


Otoritas Turki telah berulang kali menekankan bahwa Ankara mendukung penyelesaian masalah yang luar biasa di kawasan itu melalui hukum internasional, hubungan bertetangga yang baik, dialog, dan negosiasi.

Sumber : Yeni Safak

0/Post a Comment/Comments