Jumat, 30 April 2021

Turki: Pabrik bahan peledak baru untuk mengurangi ketergantungan impor

[wartanusantara.idBerkat pabrik baru, Turki tidak akan lagi bergantung pada impor bom udara, amunisi, rudal, atau hulu ledak, kata presiden negara itu pada hari Kamis.


(Dok.Fb Hamza Tekin)

Berbicara pada upacara pembukaan Pabrik Roket dan Peledak Barutsan Perusahaan Industri Mekanik dan Kimia (MKEK) di ibu kota Ankara, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan fasilitas baru itu didirikan dengan sumber daya dalam negeri.

Bergabung dengan klub eksklusif negara-negara di seluruh negeri, kini Turki akan mampu memproduksi bahan peledak seperti RDX, HMX, dan CMX, tegasnya.

"Peristiwa baru-baru ini dan embargo yang terbuka dan terselubung yang telah kami alami menciptakan kebutuhan untuk memproduksi produk-produk penting semacam itu di dalam negara kami," kata Erdogan.

Melontarkan Turki ke liga besar, pabrik baru dapat memproduksi bahan peledak generasi berikutnya, presiden menekankan, menambahkan bahwa sistem mesiu modular, sesuatu yang biasa diimpor Turki, sekarang juga akan diproduksi di dalam negeri.


Erdogan: mulai hari ini kita tidak akan bergantung lagi pada orang lain dalam pembuatan bom, amunisi dan rudal. @hasmibakhtiar

Artikel Terkait