Selasa, 04 Mei 2021

Sindir Sri Mulyani Minta Bantuan IMF, Rizal Ramli : Kehadiran IMF Bisa Lengserkan Jokowi

[wartanusantara.id] Wabah Covid-19 yang secara cepat menyebar ke seluruh dunia menyebabkan perekonomian dunia terpukul. Namun kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyebut propsek pemulihan ekonomi semakin membaik seiring peluncuran vaksin dan dukungan kebijakan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).


(Rizal Ramli/Foto : BiografiKu.com)

Meski ada prospek pemulihan ekonomi, masih terdapat  ketidakseimbangan pemulihan global sebab di beberapa negara ekonomi diproyeksikan mengalami pertumbuhan positif sementara negara yang terpukul lebih keras memiliki proyeksi pertumbuhan yang jauh lebih rendah.

Sri Mulyani Indrawati berharap Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional dapat memaksimalkan dukungan mereka untuk pemulihan ekonomi negara-negara di seluruh dunia.

“Kami berharap Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional dapat meningkatkan upaya dalam mendukung negara-negara di seluruh dunia, untuk secara efektif mengelola beban utang mereka, meningkatkan akses mereka ke vaksin dan menerapkan strategi pemulihan pertumbuhan mereka,” kata Menkeu seperti dilansir dari laman Liputan6 (12/4).

Soal Sri Mulyani meminta bantuan IMF disindir oleh ekonom Rizal Ramli. "Kehadiran IMF bisa lengserkan Jokowi," kata Rizal Ramli.

Rizal Ramli melanjutkan, "Dengan membujuk Soeharto undang IMF, Wijoyo ceburkan Soeharto ke krisis multi-dimensi."

"Apakah sejarah akan berulang dengan SMI minta tolong ke IMF ?," tanyanya.

Rizal Ramli menyarankan untuk menolak resep dari IMF. Ia mencontohkan Malaysia yang menolak IMF yang pada akhirnya selamat dari krisis.



Artikel Terkait