Erdogan : Turki tidak akan mengubah arah pada F-35 dan S-400

[wartanusantara.idPresiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengatakan kepada mitranya dari AS bahwa Ankara tidak akan mengubah arah pada jet siluman F-35 dan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia, katanya pada hari Kamis.

(Foto : Anadolu Agency)

“Saya mengatakan kepada (Joe Biden), jangan berharap kami, sebagai Turki, mengambil langkah berbeda pada masalah F-35 atau S-400 karena kami melakukan bagian kami pada F-35,” kata Erdogan kepada wartawan di Ibu kota Azerbaijan, Baku, mengacu pada pertemuan tatap muka baru-baru ini dengan presiden AS pada KTT NATO hari Senin di Brussels.


Erdogan juga menggarisbawahi bahwa itu adalah "kesalahan bersejarah" bagi sebuah negara untuk mendukung kelompok teroris yang dilawan oleh sekutunya, alih-alih berpihak pada sekutunya yang menjadi sasaran terorisme.

Dia menambahkan bahwa Moskow sedang "membantu" dalam pembukaan koridor Zangezur antara bagian barat Azerbaijan dan daerah otonomi Nakhchivan, dan mengatakan dia akan segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Zangezur adalah bagian dari Azerbaijan, tetapi pada 1920-an, Soviet memberikan wilayah itu kepada Armenia. Dengan ini, Azerbaijan kehilangan hubungannya dengan Nakhchivan, sebuah republik otonom, dan beberapa bagian rel kereta api antara kedua wilayah dihancurkan.

Setelah bagian-bagian itu diperbaiki, Azerbaijan akan dapat mencapai Iran, Armenia, dan eksklave Nakhchivan tanpa gangguan dengan kereta api.

0/Post a Comment/Comments