Sabtu, 09 Oktober 2021

Koridor Transportasi Jalan Islamabad-Tehran-Istanbul mulai beroperasi

[wartanusantara.idUpacara penyambutan diadakan Jumat oleh Kementerian Perdagangan Turki di Istanbul setelah Proyek Koridor Transportasi Jalan Islamabad-Tehran-Istanbul berhasil mengangkut kargo komersial dengan truk Pakistan ke Turki.


(Koridor Turki-Iran-Pakistan/Foto : Quora)

Truk-truk tersebut berangkat 27 September dari Karachi dan mencapai kota metropolitan Istanbul Turki pada Kamis, menempuh jarak 5.300 kilometer (3.293 mil).


Utusan Pakistan untuk Turki, pejabat senior Iran, Organisasi Kerjasama Ekonomi (ECO), International Road Union (IRU), Persatuan Kamar dan Pertukaran Komoditas Turki (TOBB) dan peserta lain yang mewakili sektor publik dan swasta menghadiri upacara tersebut.


Proyek ini diluncurkan oleh Kementerian Perdagangan Turki dan mitranya di Iran dan Pakistan di bawah naungan ECO.


Tetes ketika mereka dibawa bersama menjadi sungai


"Saya hanya ingin mengatakan ada pepatah di hampir setiap bahasa, dalam bahasa kami, bahasa Urdu, juga, yang turun, ketika mereka disatukan menjadi sungai," kata duta besar Pakistan untuk Turki pada acara tersebut.


Ini adalah tetesan pertama yang akan menjadi sungai perdagangan antara dan di antara Pakistan, Iran dan Turki, dan menyatukan ketiga orang itu, kata Syrus Sajjad Qazi.


Asli Calik, kepala departemen, transportasi dan sistem logistik di TOBB, mengatakan: "Ini adalah koridor yang sangat penting untuk pengembangan perdagangan jalan raya kami dengan Timur Tengah dan negara-negara regional."


Calik mengatakan berkat proyek tersebut, Pakistan kini lebih terintegrasi ke dalam perdagangan internasional dan juga ekspor Turki ke China akan dapat dikembangkan melalui Pakistan pada jalur tersebut.


Shaukat Abbas, General Manager Marketing National Logistics Cell (NLC), mengatakan proyek tersebut akan meningkatkan hubungan antara ketiga negara.


Javed Hedayati, Direktur Jenderal di Kementerian Transportasi Iran, juga menekankan komitmen penuh Iran untuk mendukung proyek tersebut, menambahkan "ini adalah contoh yang baik untuk dilakukan dengan tetangga lain dan kolaborasi regional."


Keputusan untuk menetapkan koridor transportasi jalan dibuat pada Pertemuan ke-8 Menteri Transportasi dan Komunikasi ECO di Ashgabat, Turkmenistan, pada tahun 2011.


Sumber : Anadolu Agency 

Artikel Terkait