PKS Indramayu Gelar Lomba Baca Kitab Kuning Berhadiah Umroh

[wartanusantara.id] Indramayu - DPD PKS Indramayu mengadakan lomba Baca Kitab Kuning tingkat kabupaten pada hari Sabtu (27-11-2021) bertempat di gedung DPD PKS Indramayu.


Ada pun kitab yang dilombakan adalah Fathul Qorib karya Syekh Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Qasim Al Ghazi (w. 918 H). Di tingkat provinsi dan Pusat: Syekh Zainuddin al-Malibari (w. 987 H). Beliau termasuk salah satu murid Imam Ibnu Hajar al-Haitami (w. 974 H), ulama terkemuka Mazhab Syafi’i.


Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan lomba tersebut. Pemenangnya sebagai berikut :

Juara 1: Riefki Ferdian, alumni Miftahul Ulum Rajasinga Terisi  dan Pesantren Sarang Rembang, sekarang mengabdi di pesantren Al-Fithroh, Babadan Indramayu

Juara 2: M. Nur Fauzi Al-Busthomi dari pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin Cirebon. 

Juara 3: Muhajirun, Kedokan Galih Karangampel, alumni Lirboyo. 

Ketua DPD Ruswa mengatakan Lomba Baca Kitab Kuning bertujuan untuk melestrarikan budaya literasi dalam pengembangan dakwah dan keilmuan. Ia pun berharap kedepan akan lahir ulama-ulama dari pesantren.

" Lomba LBKK bagian dari kontribusi PKS untuk melestrarikan budaya literasi dalam pengembangan dakwah dan keilmuan. Saya berharap kedepan akan lahir kyai dan ulama dari pesantren-pesantren yang sejauh ini hidup dan tumbuh di tengah masyarakat Indonesia," ujar Ruswa.

Kegiatan Lomba Baca Kitab Kuning yang digelar oleh DPD PKS Indramayu merupakan  penyisihan tingkat Kabupaten yang juara 1 akan diutus untuk mengikuti penyisihan di tingkat Provinsi pada 4 Desember 2021 mendatang. Selanjutnya juara di provinsi akan diutus untuk mengikuti final di Pusat pada 8 Desember 2021. 

Ada pun hadiah untuk peserta yang juara tingkat pusat sebagai berikut :

Juara 1: umroh (plus 30 juta)
Juara 2: 25 juta
Juara 3: 20 juta
Juara harapan 1: 15 juta
Harapan 2: 10 juta
Harapan 3: 5 juta

*Kontributor Indramayu

0/Post a Comment/Comments