Turki Memulai Modernisasi Komprehensif untuk MBT Leopard 2A4

(Leopard 2A4/Foto : turkishdefencenews)

[wartanusantara.idMenurut informasi yang diperoleh oleh afiliasi Turki kami SavunmaSanayiST.com, dalam lingkup Proyek TIYK-LEO 2A4 yang diprakarsai oleh Presidensi Industri Pertahanan, BMC akan melakukan modernisasi komprehensif 81+250 Tank Leopard 2A4. Subkontraktor tersebut bernama Roketsan dan ASELSAN.

Angkatan Bersenjata Turki (TAF) telah aktif menggunakan tank tempur utama (MBT) dalam operasi lintas batas baru-baru ini seperti Perisai Eufrat, Ranting Zaitun, Mata Air Perdamaian dan Perisai Musim Semi. Kepresidenan Industri Pertahanan, di sisi lain, melakukan berbagai proyek modernisasi atas permintaan TAF untuk meningkatkan tank dalam inventaris ke standar yang lebih modern.

Proyek FIRAT-M60T

Dalam lingkup Proyek FIRAT-M60T yang diprakarsai oleh Kepresidenan Industri Pertahanan selama Operasi Perisai Efrat, lebih dari 160 Tank Tempur Utama M60T Sabra dalam inventaris Komando Angkatan Darat Turki dimodernisasi.

Tank-tank tersebut diberi nama 'M60TM' setelah proses modernisasi. Mereka terintegrasi dengan PULAT Active Protection System (APS), Tank Laser Warning System (TLUS), Remote Controlled Weapon System (UKSS), Driver Vision System (ADIS), Protection Liner, Auxiliary Power System dan Air Conditioning System.

ASELSAN saat ini melanjutkan kegiatan kualifikasi Sistem Kontrol Kebakaran VOLKAN-M untuk tank M60TM.

Modernisasi Sistem Armor Tambahan Leopard 2A4 T1

Setelah M60T, SSB juga mulai melaksanakan proyek modernisasi yang berbeda untuk Tank Tempur Utama Leopard 2A4. Ada 339+15 unit MBT Leopard 2A4 dalam inventaris Komando Pasukan Darat Turki. Modernisasi pertama untuk Leopard 2A4 ditampilkan untuk pertama kalinya dalam sebuah upacara yang diadakan di Roketsan pada 30 Agustus 2020, yang juga dihadiri oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

(Modernisasi Sistem Armor Tambahan Leopard 2A4 T1/foto : turkishdefencenews)

Leopard 2A4 yang ditampilkan pada upacara ini dimodernisasi dengan Reactive Armor (ERA), Add-on-Armor, dan High Ballistic Strength Cage Armor yang diproduksi Roketsan. Singkatnya, tank hanya mengalami peningkatan armor. Dalam lingkup proyek ini, yang mencakup modernisasi total 40 (+40 opsi) Tank Leopard 2A4, pengiriman pertama dilakukan oleh Roketsan pada tahun 2021.

Menambahkan Kemampuan Tambahan ke Tank – Proyek Leopard 2A4 (TIYK-LEO 2A4)

Terakhir, Presidensi Industri Pertahanan meluncurkan program modernisasi yang lebih komprehensif untuk Tank Leopard 2A4.

Leopard 2A4 NG (Di kiri)

Menurut informasi yang diperoleh SavunmaSanayiST.com, 81 Leopard 2A4 AMT akan dimodernisasi pada tahap pertama, dalam lingkup Proyek ‘Mendapatkan Kemampuan Tambahan untuk Tank – Leopard 2A4 (TIYK-LEO 2A4)’.

Dengan modernisasi ini, tingkat perlindungan balistik tank Leopard 2A4 akan meningkat dan elektronik yang lebih modern akan terintegrasi. Meskipun 81 unit Leopard 2A4 akan dimodernisasi pada tahap pertama dalam lingkup proyek, ada juga opsi untuk 250 unit, menurut informasi yang diperoleh SavunmaSanayiST.com.

Diterjemahkan dari sumber Turkishdefencenews

0/Post a Comment/Comments