Saturday, June 27, 2020

Forum Pemuda Kota Cimahi sebagai Langkah Awal Pemberdayaan Pemuda dalam Membangun Kota Cimahi


Cimahi - Forum Pemuda Kota Cimahi telah resmi mengangkat 76 pengurus baru pada 16 Juni 2020, kemarin. Pembukaan pendaftaran baru pengurus forum disambut dengan antusias oleh pemuda Kota Cimahi dari berbagai kalangan. Pengurus yang tergabung berasal dari seluruh Kecamatan di Kota Cimahi yaitu Kecamatan Cimahi Utara, Kecamatan Cimahi Tengah, dan Kecamatan Cimahi Selatan. 

Forum Pemuda Kota Cimahi

Selain itu, pengurus Forum Pemuda Kota Cimahi berhasil mewadahi pemuda dengan latar belakang yang beragam. Diversifikasi latar belakang dari setiap pengurus yang tergabung menunjukkan wajah Forum Pemuda Kota Cimahi sebagai organisasi lintas fungsional yang mewadahi keberagaman disiplin dan bidang keahlian untuk mewujudkan tujuan organisasi.

Priyo Puji Laksono selaku Ketua Umum Forum Pemuda Kota Cimahi menyebutkan, pembentukan Forum Pemuda Kota Cimahi merupakan realisasi sebuah gagasan besar. “Saya memiliki keresahan sebagai pemuda untuk tetap aktif dan produktif, terutama setelah apa yang saya lakukan selama ini di Kota Bandung. Disertai dengan keinginan untuk memajukan kota sendiri, mengapa tidak kita mulai mengkolaborasikan apa yang kita miliki untuk memajukan Kota Cimahi? Kita akan segera mengalami masa bonus demografi, dan hal ini perlu diperhatikan agar pemuda siap menghadapi masa yang akan datang pada beberapa tahun ke depan”, terangnya.

Kesungguhan mantan Presiden Mahasiswa BEM Unisba tersebut dalam menjawab keresahan dan kepeduliannya terhadap Kota Cimahi dituangkan pada visi Forum Pemuda Kota Cimahi yaitu sebagai wadah mewujudkan pemuda Kota Cimahi yang aktif, konstruktif, kritis, dan agamis dalam gerakan pengabdian, pelayanan, serta pengembangan minat dan karakter untuk Kota Cimahi yang lebih baik. 

Pembentukan ini merupakan langkah awal pengaktualisasian harapan dan semangatnya dalam mewadahi pemuda Kota Cimahi untuk bergerak dan memajukan Kota Cimahi. Walaupun organisasi ini terhitung masih seumur jagung, tapi beberapa gebrakan telah dilakukan. Salah satunya adalah program kerja “Reaksi Cepat Tanggap” yang dibawahi oleh Divisi Sosial Masyarakat. Kegiatan yang telah dilakukan terdokumentasi pada akun instagram @reaksicepattanggap. Program ini berfokus pada tindakan responsif terhadap permasalahan kesehatan dan pendidikan yang ada di masyarakat Kota Cimahi. Bekerja sama dengan Ormas Pekat IB Kota Cimahi, Forum Pemuda Kota Cimahi telah berhasil mengadvokasi Wiwi, warga RT 03 - RW 08 Kelurahan Cibabat, untuk mendapatkan penanganan gratis dari rumah sakit atas obesitas yang dideritanya. Keterbatasan kemampuan ekonomi dan birokrasi pengajuan perawatan yang rumit membatasi Wiwi untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan. Pendampingan ini membawa Wiwi hingga mendapatkan penanganan gratis dari pihak rumah sakit pada Kamis (25/6).

Sebelumnya, Forum Pemuda Kota Cimahi bersama dengan Pemuda Teladan, Cordova Media, dan Badan Operasional Mentoring Pendidikan Agama Islam (Bompai Unisba) telah melaksanakan gerakan sosial masyarakat bernama Cimahi Bergerak #2 sebagai wujud aksi nyata kepada masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Kegiatan ini melibatkan 35 relawan yang terjun langsung ke lapangan menyalurkan bantuan berupa APD untuk petugas medis, sembako dan kebutuhan penunjang protokol kesehatan berupa masker dan hand-sanitizer, serta menyalurkan dana terkumpul per 10 Mei 2020 sebesar Rp 4.495.000. Pendistribusian bantuan tersebut terbagi dalam 4 tahap selama April dan Mei kemarin dengan total bantuan sebanyak 390 nasi kotak, 50 paket sembako, 50 hand-sanitizer, dan 14 lusin masker.

Selain gerakan kemanusaiaan, Forum Pemuda Kota Cimahi turut merespon keputusan penutupan sementara Pasar Antri Cimahi oleh Pemerintah Kota Cimahi akibat dari ditemukannya pedagang positif terjangkit virus Corona. Penutupan yang berlangsung selama 14 hari sejak Minggu (24/5) hingga Sabtu (6/6) menjadi perhatian lantaran berimbas pada ketersediaan makanan kucing liar di lokasi tersebut. Kepedulian atas makhluk hidup lain yang terdampak ditunjukkan oleh Forum Pemuda Kota Cimahi dengan membuka donasi peduli kucing liar pada 1-5 Juni 2020. Dana terhimpun sebesar Rp 1.045.100 disalurkan dalam bentuk makanan kucing dan APD penunjang bagi relawan di lapangan. Sebagai langkah awal memberdayakan pemuda Kota Cimahi, Forum Pemuda Kota Cimahi diharapkan mampu untuk terus bergerak membentuk pemuda yang berdaya dan berkarya khususnya di Kota Cimahi. Potensi yang dimiliki oleh setiap pemuda dapat tersalurkan sehingga berdampak pada kemajuan Kota Cimahi, dan kedepannya diharapkan akan mampu bekerja sama dengan Pemerintah Kota Cimahi untuk mewujudkan pembangunan Kota Cimahi selaras dengan semangat Saluyu Ngawangun Jati Mandiri.

Penulis: Rahmi Rahmania


Kontributor: Wahid Ikhwan

Artikel Terkait