Thursday, September 3, 2020

6 Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa

 6 Tips sukses mendapatkan beasiswa

Oleh Kurnia Patmawati



Berbicara tentang beasiswa, siapa yang menolak untuk mendapatkan beasiswa? Pasti tidak akan ada satu orang pun yang akan menolaknya , bahkan seluruh orang sangat mendambakan akan hal tersebut. Nah untuk mendapatkan beasiswa itu sendiri tidaklah mudah, pasti akan ada hal yang kita usahakan terlebih dahulu untuk mencapai hal tersebut. Nah ini dia tips untuk kita sukses mendapatkan beasiswa yang kita inginkan,antara lain:


·         Teguhkan Niat

Niat merupakan hal yang paling penting dalam melakukan hal apapun. Jika niat sudah ada diiringi dengan niat yang baik ,maka insyallah semua itu menjadi langkah awal untuk terwujudnya beasiswa yang diinginkan. Niat yang teguh adalah modal utama dalam perjuangan untuk berburu beasiswa dimana saja. Selain sudah kita tanamkan niat coba bayangkan hasil yang akan kita dapatkan jika kita mendapatkan beasiswa tersebut. Pasti akan banyak hal yang akan kita lakukan atau ciptakan dari beasiswa tersebut.

·         Teliti

Nah, teliti yang dimaksud adalah teliti dalam segala hal salahsatunya adalah jika kita mendapatkan link beasiswa yang kita inginkan,pasti bakal ada bagian yang harus di lengkapi oleh diri kita mau itu biodata diri ataupun hal lainnya . Pastikan kita wajib untuk teliti dalam melengkapinya. Karena itu termasuk hal penting dalam proses ingin mendapatkan beasiswa tersebut.

·         Inisiatif 

Inisiatif merupakan hal yang bakalan membuat kita unggul dari yang lain. Mengapa demikian? Hal ini di karenakan jika seorang mencari informasi sendiri dan mampu mengerjakan sendiri tanpa diberi tahu oleh orang lain dan berusaha untuk terus bergerak untuk melakukan beberapa hal walau terasa sulit . Hal ini sangat dibutuhkan dan sangat dicari oleh lembaga atau personal kita.

·         Percaya Diri

Berbicara tentang percaya diri , pasti tidak asing lagi di telinga kita. Sudah pasti banget hal ini sangat dibutuhkan dalam mendapatkan beasiswa. Nah kita lihat dari sudut pandang pemberi beasiswa,mereka mencari orang-orang unggul berkemampuan tinggi. Nah disini kita harus meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kita layak untuk mendapatkan beasisa tersebut. Ini sebenernya jadi kunci utama dalam mencari beasiswa. Kepercayaan diri yang tinggi yang dituangkan dalam CV atau motivation letter yang “menjual” akan menempatkan kamu sebagai “top choice”untuk diberi beasiswa.

·         Komitmen

Jika kita sudah berniat untuk mendaftar beasiswa, pasti kita sudah memiliki komitmen untuk senantiasa berusaha dalam melakukan setiap proses yang ada untuk mampu mendapatkannya. Jika seseoraang telah komitmen dalam usaha nya ,insyaallah dia bakalan selalu berusaha untuk melewati setiap tahap yang akan di lewatinya. Nah karena proses ini panjang maka komitmen merupakan sesuatu yang sangat di butuhkan oleh calon penerima beasiswa.

·         DOA

Nah ini suatu perbuatan yang sangat sangat berpengaruh dalam hasil akhir kita. Mengapa demikian?karena di dalam islam di anjurkan untuk senantiasa berdoa dalam hal apapun apalagi seperti ini disaat kita menginginkan sesuatu yang sangat kita idamkan ,so pasti doa tidak boleh ditinggalkan. Karena setiap usaha yang kita lakukan harus ada doa yang mengiringinya. Insyaallah semua bakalan sesuai dengan harapan.

 

Demikian tips untuk mendapatkan beasiswa ini , dalam sebuah pepatah “Usaha tidak akan menghianati hasil” dan “setiap ada usaha yang dilakukan pasti ada doa yang mengiringinya”.

Semoga tips ini akan bermanfaat buat temen temen yang sedang mencari cara buat dapetin beasiswa yang diinginkan.

Wallahua’lam...

 

Referensi Roni Indra S.Psi.Master Spiritual dan Motivator Nasional dari negri minang dan melayu “SUKSES SEBELUM LULUS KULIAH”.


Artikel Terkait