KKN Tematik UPI Usung Tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM”

 





 

[wartanusantara.id] - GARUT - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia pada semester genap tahun akademik 2021/2022 ini bertajuk “Kuliah Kerja Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM”.

 

Untuk kelompok 118 mendapatkan sub tema Desa Sehat dan Sejahtera. Pelaksanaan KKN Tematik UPI ini dilaksanakan terhitung dari tanggal 11 Juli – 10 Agustus 2022. Kelompok 118 KKN Tematik UPI dengan dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Achmad Faqihuddin, S.Pd., M.Pd. yang melakukan KKN di Kabupaten Garut.

 

Kelompok KKN Tematik 118 ini terdiri atas 22 anggota yang terhimpun dari berbagai jurusan yang berbeda. Dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini, kelompok 118 terbagi menjadi 5 kelompok kecil serta KKN individual. Kelompok 1 melaksanakan KKN di Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Kab. Garut. Kelompok 2 sampai dengan kelompok 5 melaksanakan KKN di Desa Muara Sanding Kecamatan Garut Kota, Kab. Garut yang penyebaran mahasiswa KKN dilakukan per-RW yang ada di Desa Muara Sanding. Kemudian KKN individual yang dilakukan di Desa Cisurupan Kecamatan Cisurupan Kab, Garut.

 

Seluruh program kerja yang dilaksanakan oleh Kelompok 118 bersinergi dengan tema KKN Tematik UPI yaitu Desa Sehat dan Sejahtera. Program Kerja Kelompok 118 diantaranya GEPARUKTIF (Gerakan Pemanfaatan Lahan Pekarang Rumah Produktif), Sosialisasi dan pendataan tentang posyandu, Program kolaborasi dengan desa dan puskesmas, “My Mental Health, My Priority”, Mural ASIK, Ecoliterasi, Pos To Pos (Health Journey), Eco Enzyme, Pojok Desa Sehat, Sosialisasi cara merawat dan menggosok gigi, Membuat permainan kefokusan/kekompakkan untuk melatih gerak cepat anak, Pembuatan alat cuci tangan, Progam Kelompok Belajar (KOBER), MSBS (Masjid Suci Bersih dan sehat), Edukasi Virus dan Bakteri untuk anak, dan Pekarangan Manis.

 

Seluruh program kerja tersebut terdistribusi kepada setiap kelompok kecil yang disesuaikan dengan kebutuhan di tempat KKN masing-masing. Misalnya, KKN individual yang dilaksanakan di desa Cisurupan oleh Marwan Maulana Yusuf melaksanakan program kerja unggulan yaitu “My Mental Health, My Priority”.


Program ini dilaksanakan mengingat pentingnya kesehatan mental bagi setiap orang terutama remaja, dimana pada usia remaja merupakan masa peralihan dari anak menuju dewasa disertai dengan banyaknya perubahan yang mengakibatkan timbul berbagai masalah yang mungkin tidak mampu untuk mereka selesaikan sendiri dan pada akhirnya membuat mereka kecewa pada diri sendiri, hilang harapan, stres, dan lain sebagainya.

 

Disamping itu setiap kelompok juga ikut serta dan berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu yang dilakukan oleh Puskesmas setempat terutama dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting, dimana kabupaten garut sedang mempunyai program untuk mengentaskan stunting.

 

Setiap kelompok juga turut andil dalam kegiatan yang dilaksanakan di Desa masing-masing dan turut membantu dalam penanggulangan bencana banjir. Kemudian pelaksanaan kegiatan KKN ini juga dipublikasikan di sosial media KKN kelompok 118. (UPI)

 

Red: WIN

0/Post a Comment/Comments