‘Kami Kehilangan Wilayah Utara’ – Perhitungan Kekalahan Militer “Israel” di Gaza


[WARTANUSANTARA.ID] 
“Kabinet perang telah kehilangan wilayah utara.” Itu adalah tweet singkat pada Sabtu (18/11/2023) oleh mantan Menteri Pertahanan “Israel” Avigdor Lieberman.

Kata-kata Lieberman tidak memerlukan banyak penjelasan, alasannya sederhana, karena “Israel” saat ini menghadapi salah satu kekalahan militer terbesarnya dalam semua perang sebelumnya melawan Palestina, bahkan tentara Arab. 

Pengumuman sebelumnya terjadi pada 12 November, ketika Abu Ubaida mengumumkan penghancuran lebih dari 160 kendaraan militer (termasuk tank, buldoser militer, kendaraan lapis baja, dll). 

Dapat dimengerti bahwa Perlawanan tidak dapat melacak seluruh tentara “Israel” yang terbunuh atau terluka, namun dapat memperkirakan, berdasarkan rekaman yang terdokumentasi, mengenai apa yang mereka anggap sebagai “serangan langsung”.

“Israel” bermain angka

Pada Sabtu (18/11), “Israel” mengakui pembunuhan enam perwira dan tentara lainnya, selain delapan yang terluka parah.

Seperti biasa, “Israel” selalu menemukan cara untuk menyembunyikan kerugian militernya, sambil membesar-besarkan kerugian warga sipilnya. 

Contoh sempurna dari hal ini adalah peristiwa 7 Oktober, ketika “Israel” mengklaim bahwa lebih dari 1.400 warga sipil terbunuh, namun perlahan-lahan mengubah rasio antara kerugian militer dan sipil. 

Kemudian, mereka menciptakan lebih banyak kategori lagi, yang membedakan antara militer, polisi perbatasan, petugas intelijen, dan penjaga permukiman bersenjata.

Mereka akhirnya menurunkan jumlah keseluruhan korban pada hari itu menjadi 200 orang, dengan mengklaim bahwa mereka adalah sisa-sisa pejuang Palestina yang hangus terbakar. 

Hal ini justru menimbulkan lebih banyak pertanyaan tentang berapa banyak korban sipil “Israel” yang tewas dalam pengeboman “Israel”, khususnya oleh helikopter Apache, yang tidak membedakan antara pejuang Al-Qassam dan warga sipil serta pemukim “Israel” sendiri.

Operasi darat menjadi sesuatu yang salah 

Jelas sekali bahwa perang darat “Israel” berlangsung buruk di Gaza utara, karena alasan-alasan berikut: 

Bukti yang terdokumentasi dari Perlawanan adalah tank-tank “Israel” yang tak terhitung jumlahnya diledakkan atau dirusak dalam serangan langsung, terutama menggunakan rudal anti-artileri Yassin 105, bersama dengan RPG improvisasi lainnya.
Ketidakmampuan militer “Israel” untuk membangun pangkalan militer permanen dan dapat dipertahankan di Gaza. 
Kurangnya kredibilitas laporan resmi “Israel” tentang kemajuan pertempuran, dan ketidakmampuan mereka untuk mendokumentasikan pencapaian yang signifikan.
Pertunjukan menyedihkan di Al-Shifa dan rumah sakit lainnya, di mana juru bicara militer “Israel” berusaha meyakinkan khalayak dunia bahwa popok bayi dan laptop adalah bukti bahwa Hamas menggunakan rumah sakit untuk tujuan militer. 
Pernyataan militer “Israel” bahwa mereka akan melancarkan operasi daratnya di selatan Gaza – meskipun tidak ada kemajuan nyata yang dicapai di utara.
Melakukan perhitungan

Kembali pada angka-angka yang dilaporkan Abu Ubaida. 

Menurut citra satelit yang dianalisis oleh Al-Jazeera, 383 kendaraan militer memasuki Gaza pada awal operasi darat pada 27 Oktober, dan 88 kendaraan militer tersebut telah ‘hilang’ antara 1 hingga 10 November.

Pada 8 November, Abu Ubaida mengumumkan bahwa 136 kendaraan militer telah hancur seluruhnya atau sebagian. Namun juru bicara Perlawanan merujuk pada keseluruhan Jalur Gaza, bukan hanya bagian utara.

Dan sejak itu, puluhan kendaraan lapis baja lainnya juga hancur. 

Pada 12 November, Abu Ubaida menyatakan bahwa jumlah kendaraan yang dihancurkan seluruhnya atau sebagian oleh Perlawanan Palestina sejak awal operasi darat berjumlah lebih dari 160.

Selain 62 kendaraan yang diumumkan pada 17 November, Al-Qassam mengatakan pihaknya telah menghancurkan 17 kendaraan militer tambahan pada Sabtu (18/11) saja.

Berikut penjumlahan matematika sederhananya.

160 + 62 + 17 = 239

383 (jumlah asli kendaraan militer yang masuk ke Gaza menurut citra satelit) – 239 = tersisa 144

Hambatan pada Genosida yang dilancarkan “Israel”

Tentu saja, “Israel” mempunyai beberapa jalur pasokan yang memungkinkannya untuk mengevakuasi beberapa kendaraannya yang hancur atau rusak dan menggantinya dengan kendaraan yang masih berfungsi, namun tidak ada keraguan bahwa tingkat kehancuran mesin militer “Israel” belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah seluruh kendaraan perang tersebut melawan tentara Arab. 

Pada Sabtu (18/11), “Israel” melakukan pembantaian besar-besaran di seluruh Gaza, menewaskan ratusan warga sipil, sebagian besar dari mereka berada di sekolah Al-Fakhoura dan Tel Al-Zaatar, tempat ratusan keluarga berlindung sejak dimulainya perang. 

Meskipun tidak ada logika militer mengenai bagaimana membunuh pengungsi yang ditampung di sekolah, tanpa makanan atau air, dapat bermanfaat bagi tujuan “Israel” untuk ‘menghancurkan Hamas’, ada penjelasan yang masuk akal atas kekejaman ini: pengalihan perhatian. Khususnya dari kegagalan militer “Israel” di utara Gaza. Dengan kata lain, dengan membuat berita utama di media baru yang berfokus pada pembantaian baru, “Israel” berharap untuk menghindari berita utama yang berfokus pada kekalahan militer yang mereka alami.

Lieberman benar ketika dia mengatakan bahwa “kabinet perang telah kehilangan wilayah utara.” Dia harus tahu, bagaimanapun juga, dia telah gagal menaklukkan Gaza ketika menjadi menteri pertahanan Tel Aviv. (zarahamala/arrahmah.id)

0/Post a Comment/Comments