Kunjungan Industri ke UMKM Sate dan Soto Padang, Mahasiswa STEI SEBI Depok Dapat Ilmu dan Kenikmatan


[WARTANUSANTARA.ID] 
Mahasiswa program studi (prodi) Manajemen Bisnis Syariah dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) Depok melakukan kunjungan ke salah satu UMKM di Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat melalui mata kuliah Laboratorium Bisnis. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang menjadi kewajiban bagi mahasiswa semester akhir Prodi Manajemen Bisnis Syariah. 

Kegiatan yang dilakukan sejak tanggal 19 Oktober 2023 ini mendapatkan respons positif bagi UMKM yang ada di lingkungan Kampus STEI SEBI. Salah satunya yaitu pengelola usaha “Sate dan Soto Padang” yang sudah dikelola oleh Bapak Doni dan keluarga sejak tahun 2012 sampai dengan sekarang. 
Usaha ini diberi nama “Sate dan Soto Padang Keluarga Rang Jambak Pasisia”, sate dan soto padang ini memiliki 8 menu dengan harga dari Rp 3.000- Rp 17.000 yaitu: Sate Padang dan Ketupat, Sate Padang tanpa Ketupat, Sate Padang ½ Porsi dan Ketupat, Sate Padang ½ Porsi tanpa Ketupat, Soto Padang dan Nasi, Soto Padang tanpa Nasi, Keripik Singkong, dan Kerupuk Kulit. Selain sate dan soto Padang, beliau juga memiliki usaha di bidang kuliner yaitu Lontong Sayur yang juga khas Padang. 

Biasanya perhari Bapak Doni menyediakan 60 porsi sate padang dan 13 porsi soto. Sate dan soto padang diproduksinya masih menggunakan cara tradisional dari awal pemotongan, kemudian disusun dengan tusukan bambu kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu berwarna kuning di atas daun pisang.  

“Sate dan Soto Padang Keluarga Rang Jambak Pasisia ini menerima pesanan untuk acara kecil maupun besar, selain itu juga kami juga menerima pesanan secara online melalui marketplace Go-Food (Sate dan Soto Padang Keluarga PLN Sawangan) dan pesan Whatsapp, atau bisa datang langsung ke gerai kami yang berada di Jln raya parung ciputat Pasar rebo, Jl. Duren Sari, Kecemaran, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16158, khusus pemesanan di hari Jumat mendapatkan potongan harga untuk setiap pembelian satu porsi sate padang” ujar Bapak Doni selaku pemilik usaha Soto dan Sate Padang Keluarga Rang Jambak Pasisia.

Mahasiswa yang ikut menjalankan program kegiatan observasi sangat senang sekaligus bersyukur. Dengan demikian semoga hasil observasi ini bisa bermanfaat bagi pengelola soto dan sate padang lainnya, serta diharapkan usaha ini bisa berkembang untuk memajukan UMKM di Depok.

0/Post a Comment/Comments