Thursday, September 7, 2017

Pelatihan Manasik Haji SDIT Pasantren Al-Urwatul Wutsqo Indramayu

Indramayu - Jawa Barat, pada Kamis (7/9/2017) Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Indramayu menggelar pelatihan manasik haji di Gor Singalodra.


SDIT Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Indramayu yang terletak di Jalan Sempurna No. 32 Desa Terusan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu menjadikan program pelatihan manasik haji ini sebagai program tahunan, ungkap Ibu Iis Roijah, S.Pd.I selaku wakil Kepala sekolah bagian kesiswaan.

Pelatihan manasik haji SDIT Pesantren Al-Urwatul Wutsqo ini bertujuan untuk memahami rukun Islam yang kelima, yaitu menunaikan haji. Selanjutnya, sebagai bekal murid-murid untuk menunaikan ibadah haji di kemudian kelak, ungkap Bapak Tohari, S.Pd.I selaku ketua pelaksana.

Agenda ini pun diikuti oleh seluruh siswa-siswi SDIT Pesantren Al-Urwatul Wutsqo, sebanyak 325 siswa, imbuh Tohari.

Rangkaian agenda manasik haji ini diawali dengan sholat, khutbah arafah, lempar jumroh, thawaf atau berkeliling ka'bah, sai atau lari-lari kecil dari shafa ke marwah, dan dilanjut dengan tahalul atau mencukur rambut.

Murid-murid pun merasa senang dan gembira. Zulfan seorang murid kelas empat ketika ditanya terkait kesannya mengikuti manasik haji, dia menjawab "sangat seru dan gembira, panas dan haus".

Para orang tua murid yang ikut menyaksikan pun turut gembira melihat anak-anaknya melakukan manasik haji. Bahkan para orang tua berebut dalam mendokumentasikan aktivitas anaknya yang sedang manasik haji.

Ibu Ida selaku orang tua wali murid menyampaikan bahwa semoga dengan adanya pelatihan manasik haji ini anak-anak bisa mengetahui dan hafal doa-doa berhaji, dan kelak dimasa depan anak-anak bisa menunaikan ibadah haji.

Dari : Fajar (Guru SDIT Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Indramayu)

Artikel Terkait