Monday, February 18, 2019

Merasa Kesulitan Belajar Bahasa Inggris ? Coba Gunakan 13 Cara Ini

Oleh: Asad Hernandez*

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang wajib kita kuasai, tak jarang pelajaran bahasa inggris juga di benci oleh sebagian siswa atauapun mahasiswa. Entah karena susah, atau belum sadar betapa pentingnya bahasa Inggris di jaman milenial ini.


Bagi anda yang merasa sulit mempelajari bahasa Inggris, ada beberapa tips dan trik jitu untuk belajar bahasa inggris dengan fun.

Sering Mendengar Lagu Bahasa Inggris, mendengar adalah salah satu alat input yang ampuh, oleh karena itu, dengan seringnya mendengar lagu bahasa inggris, secara tidak langsung kita akan mengikuti lirik musiknya.

Menonton Film Bahasa Inggris, Menonton juga merupakan salah satu alat input yang ampuh, cobalah menonton film berbahasa Inggris menggunakan subtitle bahasa Inggris. Jika sudah terbiasa, cobalah tanpa menggunakan subtitle.

Membaca Komik Bahasa Inggris, Ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang senang dengan dunia fantasi. Jika biasanya anda membaca komik berbahasa Indonesia, cobalah untuk memulai membaca komik berbahasa Inggris. Jika tidak paham artinya, pasti anda akan berusaha untuk mencari artinya, karena anda akan sangat penasaran dengan kelanjutannya ceritanya.

Membaca Buku Berbahasa Inggris, Selain membaca komik, membaca buku juga bisa meningkatkan skill bahasa inggris kita.

Menulis dengan Bahasa Inggris, Menulis adalah cara yang efektif untuk ingatan jangka panjang, cobalah untuk mencatat kosa kata baru dan baca dengan suara yang keras,
Bermain Game Bahasa Inggris, Bermain game merupakan sesuatu yang asik, oleh karena itu, bermain game yang berbahasa Inggris sangat di rekomendasikan bagi anda yang ingin belajar bahasa inggris

Mencari Partner, Partner adalah salah satu point penting dalam mengasah skill bahasa Inggris. Dengan adanya Partner, kita akan mudah dan tidak kaku untuk mengobrol bahasa Inggris.
Temukan Komunitas Bahasa Inggris, Komunitas adalah kumpulan individu-individu yang mempunyai latar belakang yang berbeda dengan tujuan yang sama. Jika anda berada di dalam kumpulan komunitas bahasa Inggris, maka akan lebih mudah untuk memepelajarinya.

Jadikan Kebiasaan, Sesuatu yang di lakukan berulang ulang akan menjadi sebuah kebiasaan. Maka lakukanlah berbicara bahasa inggris secara berulang ulang agar bisa menjadi sebuah kebiasaan.

Jangan Takut Salah, Dalam proses belajar, kita masih belum tau, mana yang benar dan mana yang salah. Oleh karena itu, jangan takut salah untuk belajar, dan perbaiki kesalahan yang telah di buat.
Temukan Mentor Bahasa yang Tepat, Dengan adanya mentor, kita akan lebih mudah untuk belajar bahasa Inggris, karena kita akan di arahkan bagaimana cara belajar bahasa inggris yang tepat dan efisien.

Mengikuti Kursus Bahasa Inggris, Kursus adalah pilihan yang tepat jika ingin menguasai bahasa Inggris. Carilah tempat kursus yang terpercaya dan berkualitas dengan harga yang terjangkau.
Belajar di Youtube, Belajar di youtube juga merupakan hal yang menarik. Selain bebas memilih video yang anda inginkan, anda juga bisa mengasah skill baahasa Inggris anda dengan cara yang Asik.

Gunakanlah cara-cara ini jika anda masih merasa sulit dalam mempelajari Bahasa Inggris. Jika belajar di selingi hal-hal yang seru, maka belajar pun akan terasa lebih enjoy dan mudah. Jadi, tetap semangat untuk belajar Bahasa Inggris.


Referensi:
1. https://www.tipsbelajarbahasainggris.com/cara-belajar-bahasa-inggris-bagi-pemula/
2. http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-komunitas-dan-contohnya/

*Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI
Email: marsad.muhammad22@gmail.com

Artikel Terkait