4 Kebijakan Khalifah Ali bin Abi Thalib



WARTANUSANTARA|SEJARAH--
Ali bin Abi Thalib diangkat menjadi khalifah pada bulan Dzulhijjah 35 H atau 24 Juni tahun 656 M di masjid Nabawi. Ia memerintah selama 5 tahun, dari tahun 35 H hingga 40 H atau 656 M hingga 661 M. Ia adalah khalifah keempat dan terakhir dari Khulafaur Rasyidin.

Khalifah Ali bin Abi Thalib lebih banyak mengurus masalah internal ketimbang perluasan wilayah kekuasaan Islam. Berikut kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh khalifah Ali;

1. Pergantian pejabat pemerintahan. Ali mengganti para pejabat yang diangkat oleh khalifah Utsman bin Affan, karena banyak yang berasal dari keluarga Utsman dan dianggap korup dan tidak adil²⁴.

2. Penarikan tanah milik negara. Ali menarik kembali tanah-tanah yang telah diberikan oleh khalifah Utsman kepada kerabat-kerabatnya, dan mendistribusikannya kembali kepada rakyat¹.

3. Pengembangan ilmu pengetahuan. Ali dikenal sebagai salah satu tokoh yang berilmu dan berwibawa dalam bidang agama, hukum, sastra, dan filsafat¹. Ia juga mendirikan sekolah-sekolah dan perpustakaan-perpustakaan untuk menyebarluaskan ilmu².

4. Perang Jamal dan Perang Shiffin. Ali menghadapi pemberontakan dari sebagian sahabat Nabi yang menuntut pembalasan atas pembunuhan khalifah Utsman¹. Perang Jamal terjadi antara Ali dan pasukan Aisyah, Thalhah, dan Zubair di Basrah pada tahun 36 H atau 656 M¹. Perang Shiffin terjadi antara Ali dan pasukan Muawiyah bin Abi Sufyan, gubernur Suriah, di Shiffin pada tahun 37 H atau 657 M¹.

Sumber :

Buku :
SKI kelas X, Kemenag
Ensiklopedi Sejarah Islam karya Tim Riset dan Studi Islam Mesir

Internet :

(1) Khulafaur Rasyidin: Tugas dan Kebijakannya - Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/04/100000969/khulafaur-rasyidin--tugas-dan-kebijakannya.
(2) Kebijakan yang diambil oleh khalifah Ali bin Abi Thalib pada masa awal .... https://www.masdayat.net/2020/12/kebijakan-yang-diambil-oleh-khalifah.html.
(3) Kebijakan dan Prestasi Khalifah Ali bin Abi Thalib. https://pelajaransejarahislam.blogspot.com/2019/05/kebijakan-dan-prestasi-khalifah-ali-bin.html.
(4) Kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib - Retizen. https://retizen.republika.co.id/posts/29178/kepemimpinan-khalifah-ali-bin-abi-thalib.
(5) Ali bin Abi Thalib - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Ali_bin_Abi_Thalib.

0/Post a Comment/Comments