Tuesday, July 2, 2019

Pemuda adalah Pelopor Perubahan Dunia

Oleh Hanesta Maulana


Pemuda adalah individu yang mengalami perkembangan secara fisik maupun emosional. Pemuda juga memiliki kewajiban dalam diri mereka masing- masing salah satunya mereka dituntut untuk belajar dengan benar agar mereka bisa membawa perubahan untuk dunia ini. Karena pemuda adalah calon generasi penerus dari generasi sebelumnya. Pemuda memiliki karakter yang dinamis yang dapat bergejolak dan optimis namun, belum bisa mengendalikan emosionalnya secara stabil.

Generasi muda adalah the leader of tomorrow, dari makna inilah bahwasanya nasib dunia ini sangat berpengaruh sekali di genggaman pemuda yang memiliki pemikiran kritis dan karakter yang dapat menumbuhkan semangat juang untuk perubahan dunia. Pemuda diharapkan bisa membawa ide-ide segar, pemikiran-pemikiran kreatif dengan metode thinking out of the box yang inovatif, sehingga dunia tidak hanya dihadapkan pada hal-hal jaman old yang itu- itu saja dan tidak pernah berkembang. Dengan kata lain pemuda diharapkan menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik dari pemimpin masa kini. Pemuda diharapkan untuk menjadi change agent, yaitu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan

Dengan intelektual yang luas dan memiliki ilmu akademik maupun pengalaman berorganisasi yang mampu menjadikan mereka sebagai pelopor dunia dengan segala apa yang mereka miliki. Dengan intelektual yang dimiliki, para pemuda dapat mengetahui semua permasalahan dari berbagai sektor dan mampu mencari solusi dari masalah tersebut. Dan ditambah dengan pengalaman berorganisasi yang pernah mereka ikuti di kampus atau lembaga yang mereka duduki dengan pengalaman itu mereka mampu menyelesaikan semua permasalahan dengan terstruktur dan tepat.


Artikel Terkait