Senin, 05 Agustus 2019

Yuk Coba Minum Air Kekinian, Infused Water!

Oleh Liza Fazira

Pernahkah melihat seseorang membawa botol yang berisikan irisan lemon atau bahkan sering melihatnya? itu menjadi gaya baru saat ini, yang sekilas jika di sandingkan dengan air kobokan hampir sama karena ada lemon atau jeruk nipis di dalamnya. Eitsss... tapi jangan salah dulu, itu dia minuman kekinian bernama “Infused water” yang merupakan minuman kesehatan terbuat dari air mineral dan berbagai macam potongan buah yang kemudian disimpan di dalam wadah tertutup selama beberapa waktu.

Infused water bisa jadi pilihan yang tepat bagi orang yang tidak suka air putih, tapi juga tidak mau mengonsumsi minuman mengandung gula tinggi seperti soda, teh kemasan, kopi, dan jus buah kemasan. Jika sudah terbiasa mengonsumsi minuman ringan karena menyukai minuman berperisa, baiknya segera mencoba untuk meracik infused water. Rasa dari infused water mungkin tidak sekuat minuman ringan, tetapi infused water dapat menjadi alternatif minuman berperisa yang memiliki kalori sangat sedikit bahkan nyaris tidak berkalori, sebab mengandung kandungan gula alami juga berbagai kandungan baik dari berbagai macam buah-buahan.
Infused water mangandung campuran buah dan sayur yang terdapat banyak vitamin. Beberapa di antaranya mengandung jenis vitamin yang larut dalam air. Sehingga, ketika dipakai untuk membuat infused water, vitamin akan keluar dan larut di dalam air yang diminum. Nah, ini salah satu cara lebih sehat memenuhi kebutuhan vitamin Anda jika dibandingkan dengan mengonsumsi minuman ringan yang diklaim bervitamin tetapi juga mengandung gula tambahan.
Dibandingkan mengonsumsi kopi, teh, atau minuman ringan yang tinggi gula dan kafein, infused water bisa dijadikan pilihan minuman yang lebih sehat. Dengan mengonsumsi infused water, maka Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus. Pertama asupan cairan Anda terpenuhi. Kedua, Anda juga mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi dari sayuran serta buah-buahan yang Anda sukai.
Para ahli menyatakan, infused water membantu tubuh tetap terhidrasi menjaga dari dehidrasi. Sekitar 60 hingga 70 persen dari berat badan manusia terdiri dari air, dan asupan air yang cukup diperlukan untuk setiap proses tubuh termasuk sirkulasi, pencernaan, dan pengaturan suhu tubuh Anda. Jadi, dapat Anda bayangkan betapa air memegang peranan penting dalam kehidupan kita?
Secara umum, setiap orang membutuhkan air kurang lebih 8-12 gelas per hari. Hal ini untuk menggantikan air yang keluar dari tubuh, baik dalam bentuk keringat ataupun urin. Banyaknya air yang dikeluarkan dari tubuh bisa bergantung pada cuaca, aktivitas, juga jenis diet. Jika cairan yang keluar tidak segera diganti, maka bukan tidak mungkin Anda mengalami dehidrasi baik ringan maupun berat.
Lalu bagaimana cara meracik Infused Water? Semua buah dapat di campurkan kedalam air mineral, sebagai awal bisa mencoba dengan mencamprkan mentimun, lemon, dan daun mint, lalu siapkan wadah botol berisi air matang. Lalu masukkan 1 buah mentimun ukuran sedang, dikupas dan diiris tipis-tipis. 1 buah lemon ukuran sedang, potong-potong. Serta 4-6 buah daun mint segar. Aduk semua bahan dan masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam dan siap untuk di konsumsi.

Yang tak kalah penting, agar manfaat infused water optimal adalah penerapan gaya hidup sehat. Rutin melakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari. Jangan lupa, penuhi piring Anda dengan menu yang mengandung gizi seimbang terdiri dari buah, sayura, protein, serat, dan lemak sehat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat infused water secara optimal. Selamat mencoba! – Lizz

Artikel Terkait

1 komentar so far

infus water memang bagus buat kesehatan tubuh cocok untuk detoksasi