Khalifah-Khalifah Berprestasi Daulah Umayyah di Damaskus, Yaitu : Mu'awiyah, Abdul Malik, Walid bin Abdul Malik, Umar bin Abdul Aziz


WARTANUSANTARA.ID|SEJARAH--
Daulah Bani Umayyah didirikan oleh khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan pada tahun 41 H, setelah Hasan bin Ali mundur dari jabatan Khalifah.

Kekuasaan Daulah Umayyah berlangsung 90 tahun lebih dan dipimpin oleh 14 khalifah dalam kurun waktu tersebut. Tidak semua khalifah Daulah Umayyah memiliki kecakapan dan prestasi. 


Ada pun khalifah-khalifah yang berprestasi ada 4, yaitu :

- Muawiyah bin Abi Sufyan
- Abdul Malik bin Marwan
- Al-Walid bin Abdul Malik
- Umar bin Abdul Aziz

1. Muawiyah bin Abi Sufyan

 Ia memindahkan ibu kota kekhalifahan dari Madinah ke Damaskus, dan melanjutkan perluasan wilayah Islam ke berbagai daerah.


2. Abdul Malik bin Marwan

Abdul Malik bin Marwan, yang berhasil menstabilkan kekhalifahan setelah masa krisis dan perpecahan. Ia juga mengubah mata uang Bizantium dan Persia dengan mata uang Islam yang bertuliskan Arab.


3. Al-Walid bin Abdul Malik

 Al-Walid bin Abdul Malik, yang mencapai puncak kejayaan bani Umayyah dengan menaklukkan wilayah-wilayah baru seperti Spanyol, Afrika Utara, Asia Tengah, dan India.


4. Umar bin Abdul Aziz

Umar bin Abdul Aziz, yang dikenal sebagai khalifah adil dan zuhud. Ia melakukan reformasi administrasi, keuangan, dan sosial. Ia juga memerintahkan pembukuan hadits Nabi Muhammad.


Sumber diolah dari wartanusantara.id, muttaqin, tirto, detik

0/Post a Comment/Comments