Akhir Hayat Thariq Bin Ziyad

Siapa yg tak kenal beliau?
Panglima besar yg disejajarkan dengan Shalahuddin al-Ayyubi dan Muhammad al-Fatih, yg namanya jauh lebih dikenal dibanding al-Walid bin Abdul Malik sang khalifah yg berkuasa dimasa itu.

Sejarah penaklukan Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya) identik dengan beliau, nama beliau kemudian diabadikan menjadi nama negara kecil, Gibraltar (Jabal Thariq), sebuah bukit karang tempat bermula pasukan beliau bertapak di ujung selatan Semenanjung Iberia. Bahkan gambar beliau terpampang di lembaran mata uang 5 pound sterling.
Tapi, bagaimana akhir hayat beliau...?
Persis kalau kita di Nusantara ini membaca hikayat Laksmana Hang Tuah ataupun Mahapatih Gajah Mada, tidak info yg valid menjelaskan bagaimana akhir perjalanan mereka di dunia fana' ini.
Ada 3 versi tentang akhir hidup beliau, pasca diperintahkan Khalifah menghentikan ekspansi ke Eropa ditahun 714 M, beliau balik ke Damaskus bersama panglima atasan beliau Musa bin Nushair sang gubernur Afrika.
1. Beliau hidup terlunta-lunta sampai beliau wafat. Ini sangat tidak masuk akal.
2. Beliau menjauh dari hiruk pikuk dunia, menyepi tanpa ada yg tahu kemana dan dimana beliau.
3. Beliau menghabiskan sisa usia beliau di Damaskus, fokus beribadah sahaja sampai kembali keharibaan-Nya tahun 720 H.
Entah yg mana satu yg paling valid, semuanya tidak penting, yg jelas beliau telah lulus dlm ujian keikhlasan dan ketaatan. Dan itulah rahasia takdir, orang yg bertahun-tahun hidup dimedan laga, ternyata kematiannya diatas kasur bukan dimedan jihad.
Sumber : FB

0/Post a Comment/Comments