Sunday, January 12, 2020

Berani Mengambil keputusan dan segera keluar dari masalah

Oleh  Erna Nurliza

Mengambil keputusan adalah salah satu cara yang baik dalam suatu tindakan, jika kita terus menerus dalam suatu masalah, dan kita tidak berupaya untuk menyelsaikan masalah tersebut, dan artinya kita terus menerus dalam masalah dan terjebak dalam keadaan yang mengambang.


Menyelsaikan masalah memang tidak mudah, tetapi kita harus keluar dari masalah tersebut. Apalagi remaja yang pastinya memiliki berbagai macam masalah, entah dari teman, keluarga, dan sahabat.

Remaja cendrung memiliki sifat egois yang ingin dimengerti lah, mengikuti tren, baik itu fashion, stile terbaru, semua ingin diikuti, padahal remaja tidak perlu harus mengikuti tren dan stile seseorang, kita punya kepribadian dan latar belakang yang berbeda-beda, jadi tidak semuanya kita bisa capai.
 mungkin yang sering bikin galau, karna tidak bisa mengikuti Fashion atau tren temen-temen di kampus atau di sekolah.

Harusnya kita remaja tidak perlu galau karna hal-hal yang tidak penting, karna hal-hal tersebut tidak berdampak dimasa depan, seandainya kita berfikir Fashion yang sekarang tidak mesti kita harus ikuti, dan juga kita belum tentu mampu atas apa yang kita inginkan.  

 cobalah buka mata, bukan sekedar mata, tetapi mata hati, apa yang kita bisa lakukan untuk meringankan beban orang tua,bahkan  karna hal sepele itu bisa bikin galau, aduh hal yang seperti itu buang saja jauh-jauh.

            Menghadapi masalah memang tidak mudah, namun masing-masing oraang mempunyai cara yang berbeda untuk menyelsaikan masalah tersebut. namun ada juga yang terpuruk karna masalah yang tidak bisa diatasinya.

            Berikut tips keluar dari masalah:

   ·         Menyikapi secara bijak

Masalah pasti akan datang disetiap orang, dan masalah akan terasa berat jika kita terus menerus terpuruk dalam masalah yang sedang kita hadapi, jangan malah menyalahkan keadaan, jadikan masalah sebagai ujian untuk memperkuat dan menambah ilmu agar kehidupan menjadi lebih baik.

   ·         Berani mengambil keputusan

Untuk menyelsaikan masalah memang kita harus bisa mengambil keputusan, bagaimana cara agar kita segera keluar dari masalah tersebut.

Entah apa yang akan terjadi setelah kita berani mengambil keputusan, percayalah hal tersebut lebih baik daripada harus tetap dalam garis dimana kita ada dalam keadaan yang lemah, keadaan yang pasrah.

   ·         Tidak perlu dipikirkan

Masalah tidak perlu difikirkan, tetapi berupaya untuk menjadi lebih baik agar masalah yang kita hadapi sebagai momen yang berharga, dimana pribadi kita bisa berubah dan tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas.

   ·         Berhenti menyalahkan orang lain

Terkadang saat kita mempunyai masalah, kita bukannya mencari solusi tetapi malah fokus menyalahkan orang lain, ah ini bukan salah aku, soal siapapun yang salah itu tidak penting, yang terpenting masalah datang untuk diselsaikan bukan disalahkan.

    ·         Lupakan

Apapun yang sudah terjadi jadikan sebagai bagian dari masa lalu, dan masa lalu harus dijadikan sebagai pengalaman dan pelajaran di masa yang mendatang.

Sebagai manusia tidak terlepas dari salah dan khilaf, jadi semua yang terjadi pasti ada hikmah yang bisa di ambil dari semuanya..

Selamat membaca..





Oleh                : Erna Nurliza
Mahasiswi       : STEI SEBI
Email               : nurlizaerna17@gmail.com

Artikel Terkait