Karena Kalah Terus Oleh Pasukan Libya Dukungan Erdogan, Putin dan Macron Serukan Gencatan Senjata

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Jumat, menyerukan gencatan senjata di Libya dan kembali ke dialog.


Rusia dan Perancis mendukung pemberontak Jenderal Khalifa Haftar. Meskipun Paris menegaskan negara itu netral dalam konflik.

Haftar telah mengalami serangkaian kekalahan dalam beberapa pekan terakhir terhadap pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA/dukungan Turki-Qatar) yang diakui PBB.

Pada hari Kamis, Perancis, Jerman dan Italia meminta pasukan di Libya untuk menghentikan pertempuran dan bagi pihak luar untuk menghentikan campur tangan dalam upaya untuk mencoba dan membuat pembicaraan politik kembali ke jalurnya.

Menurut seorang pejabat, Macron juga mengangkat dengan Putin "campur tangan asing di Libya" termasuk kehadiran tentara bayaran dari kelompok Wagner, sebuah organisasi paramiliter Rusia yang dilaporkan dijalankan oleh orang kepercayaan Putin.

Menurut situs web Kremlin, Putin mengatakan kepada Macron: "Saya tahu pola pikir Anda bertujuan untuk mengatur kerja sama dalam banyak hal ini. Kami akan mendukung proposal Anda dengan cara apa pun yang memungkinkan."

Pejabat Prancis itu mengatakan bahwa selama dua jam perundingan, Putin juga mengundang Macron ke Rusia dan presiden Prancis telah menerima, meskipun belum ada tanggal yang ditentukan.

Kunjungan itu kemungkinan akan berlangsung "dalam bulan-bulan berikutnya" dan "sebelum akhir tahun" meskipun krisis coronavirus harus diperhitungkan, kata pejabat itu.


Pemimpin Prancis telah merencanakan untuk menghadiri acara-acara di Lapangan Merah bulan lalu untuk memperingati 75 tahun kemenangan atas Nazi Jerman.

Tetapi acara itu dibatalkan karena pandemi, meskipun terus berjalan - tanpa kehadiran Macron - di Moskow pada hari Rabu.

Sumber : Daily Sabah

0/Post a Comment/Comments