Friday, July 17, 2020

Kelahiran Pendiri Daulah Utsmaniyah dan Kehancuran Daulah Abbasiyah di Baghdad

Ertugrul bin Sulaiman mempunyai anak lelaki bernama Utsman. Nama Utsman inilah yang menjadi nisbah (ikon) kekuasaan Daulah Utsmaniyah.


Utsman bin Ertugurl dilahirkan pada tahun 656 H (1257 M). Tahun kelahirannya bertepatan dengan tahun di mana bangsa Mongolia dibawah pimpinan Hulagu Khan menyerang Baghdad, ibu kota daulah Abbasiyah. 

Penyerangan tersebut merupakan peristiwa yang sangat tragis dalam sejarah pembantaian umat manusia, di mana korban yang terbunuh tak terhitung jumlahnya.

Kondisi umat Islam pada waktu itu sedang mengalami krisis mental.  Umat Islam dalam keadaan lemah dan takut mati. Ini akibat dari dosa-dosa dan kemaksiatan-kemaksiatan yang mereka lakukan. Karena itulah, bangsa Mongolia dapat mengalahkan mereka. Pasukan Mongolia di bawah komando Hulaghu Khan menodai kehormatan umat Islam, menumpahkan darah kaum muslimin, membunuh jiwa-jwa tak berdosa, merampas semua kekayaan umat Islam, dan menghancurkan tempat tinggal kaum muslimin.

Ditengah umat Islam dalam keadaan kritis ini, lahirlah Utsman bin Ertugrul di bagian pojok kecil umat ini. Ia adalah pendiri Daulah Utsmaniyah di kemudian hari. Suatu saat Daulah Utsmaniyyah menjadi negara adikuasa di dunia.

Sumber : Sejarah Daulah Utsmaniyyah karya Ali Muhammad Ash-Shalabi

Artikel Terkait