Penerbangan perdana jet tempur Turki KAAN menjadi berita utama di seluruh dunia


[WARTANUSANTARA.ID] 
Uji terbang perdana jet tempur generasi kelima pertama buatan Türkiye, KAAN, yang berlangsung selama 13 menit pada hari Rabu telah membuat heboh media di seluruh dunia.

Situs Business Insider yang berbasis di AS mengatakan keberhasilan penyelesaian penerbangan perdananya merupakan “langkah maju yang besar bagi upaya Turki untuk memperoleh pesawat tempur generasi kelima”.

Business Insider menekankan bahwa KAAN adalah hasil upaya Angkatan Udara Turki selama lebih dari satu dekade dan negara tersebut bertujuan agar KAAN “pada akhirnya menggantikan” armada F-16 negara tersebut.

Pernyataan tersebut menggarisbawahi bahwa penerbangan pada hari Rabu adalah “langkah maju yang menjanjikan” bagi Turki, terutama setelah ketegangan dengan AS mengenai proyek jet tempur F-35.

Televisi Bloomberg menyoroti bahwa penerbangan pertama jet tempur generasi ke-5 Türkiye adalah sebuah "tonggak sejarah".

Inggris

Reuters mengumumkan langkah tersebut dengan mengatakan, “KAAN Turki, pesawat tempur nasional pertamanya, menyelesaikan penerbangan pertamanya pada hari Rabu, sebagai bagian dari upaya negara tersebut untuk meningkatkan angkatan udaranya.”

Mengutip Haluk Gorgun, kepala Kepresidenan Industri Pertahanan Türkiye, Reuters mencatat bahwa Türkiye bertujuan untuk menggunakan mesin produksi dalam negeri pada KAAN dalam produksi massal.

Surat kabar yang berbasis di London, Al Arab, melaporkan perkembangan tersebut dengan judul utama Türkiye membuat terobosan baru dalam produksi pesawat tempur generasi ke-5.

Situs televisi Asharq Bloomberg Arab Saudi juga menyajikan penerbangan pertama KAAN kepada pembacanya dengan judul "Raja Terhebat. Apa yang kita ketahui tentang pesawat siluman generasi ke-5 Türkiye?"

Televisi Al Jazeera yang berbasis di Qatar juga mengumumkan penerbangan pertama KAAN kepada pemirsanya dengan pernyataan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Kanada

Siaran televisi BNN Bloomberg di Kanada menyatakan KAAN merupakan simbol kepercayaan diri dan inovasi industri pertahanan Turki.

Sebuah fajar baru telah lahir dalam sejarah pertahanan dan penerbangan Turki, katanya, seraya menambahkan bahwa langkah tersebut mewakili lompatan signifikan dalam upaya Türkiye untuk mencapai kemandirian dalam teknologi militer dan sebuah langkah berani menuju masa depan perang.

Jepang

Media Jepang memuji penerbangan pertama 'KAAN', karena para pejabat pertahanan Turki berharap dapat mengekspor jet tempur generasi kelima ke Asua dan negara-negara Teluk, menurut surat kabar bisnis terbesar di negara itu bernama Nihon Keizai Shimbun (Nikkei).

Makalah ini juga melaporkan bahwa TAI bertujuan untuk mengembangkan 'KAAN' yang mencakup kemampuan visibilitas rendah pada tahun 2030, dan perusahaan juga berencana memproduksi 20 unitnya.

Türkiye menjadi negara kelima di dunia yang menerbangkan jet tempur siluman, setelah Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, dan Korea Selatan, seperti dilansir Yahoo Jepang.

Situs web Norimono News melaporkan penerbangan pertama oleh “KAAN” berhasil diselesaikan.

Situs web tersebut memberikan definisi nama pesawat tersebut, dengan mengatakan bahwa 'KAAN' adalah “nama maskulin asal Turki yang berarti penguasa atau raja di atas segala raja”.

Hanya ada lima negara di dunia yang dapat mengembangkan dan memproduksi jet tempur generasi kelima, dan Turki kini menjadi salah satunya, tambahnya.

Perusahaan Turki tersebut mengembangkan jet tempur ‘KAAN’, yang sulit dikenali radar karena memiliki kemampuan siluman, menurut berita dari Abema Times.

Cerita tersebut mengutip kutipan Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang mengatakan, “Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi industri pertahanan Türkiye.”

Jet tempur KAAN adalah salah satu jet tempur generasi kelima terbaik di dunia, bersama dengan “F35” dan “Sukhoi 57,” tambahnya, menekankan bahwa Türkiye diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pertahanan yang sudah dikembangkan di masa depan.

Cina

People’s Daily dan Kantor Berita Xinhua memuat berita di KAAN, mengutip pernyataan Presiden Erdogan, yang mengatakan, “Türkiye telah melewati ambang batas kritis lainnya dalam produksi jet tempur generasi kelima.”

Cerita tersebut menyebutkan bahwa pesawat tersebut dirancang sesuai dengan persyaratan Angkatan Bersenjata Turki, dan memaparkan spesifikasi teknis KAAN yang menyatakan bahwa pesawat tersebut dapat menggantikan pesawat F-16 dalam inventaris.

India

NDTV menyebutkan pesawat buatan dalam negeri tersebut dengan cerita berjudul “KAAN Türkiye, pesawat tempur nasional pertama, menyelesaikan penerbangan pertamanya pada hari Rabu, bagian dari upaya negara untuk meningkatkan angkatan udaranya.”

“Penerbangan ini menandai momen penting bagi Türkiye, di mana pihak berwenang menjadikan modernisasi angkatan udara negara yang menua sebagai prioritas utama,” kata Times of India.

“Proyek ini menempatkan Türkiye dalam kelompok kecil kekuatan yang mengerjakan pesawat generasi kelima, yang berarti KAAN pada akhirnya akan memiliki kemampuan siluman, avionik canggih dan akan mampu mengambil peran komando dalam pertempuran,” tambahnya.

Pakistan

Samaa TV memuat cerita berjudul “Jet tempur asli Turki pertama KAAN melakukan penerbangan perdananya,” yang menyebutkan keberhasilan penerbangan dan banyak fitur jet tempur generasi kelima secara rinci.

Rusia

Kantor berita TASS memamerkan 'KAAN' dengan penerbangan pertamanya yang sukses, serta Rossiyskaya Gazeta yang menyebutkan bahwa pesawat tersebut mulai diproduksi pada tahun 2017.

Kantor berita Ria Novosti juga mengumumkan penerbangan pertama 'KAAN.'

Libya

Surat kabar Ayn Libya mengatakan jet tempur domestik “KAAN” telah terbang di langit ibu kota Turki, Ankara, dengan penerbangan pertamanya yang sukses.

Artikel tersebut memuat pernyataan yang dibuat oleh Haluk Gorgun, presiden Badan Industri Pertahanan, tentang jet tempur tersebut, dan memberikan informasi lebih lanjut tentang upaya Türkiye untuk memproduksi jet tempur dalam negeri sejak tahun 2016.

Surat kabar Nabz mengutip pernyataan Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki, yang mengatakan bahwa “Türkiye akan menjadi salah satu dari lima negara di dunia yang memproduksi pesawat generasi kelima,” ditambah dengan spesifikasi teknis pada pesawat tersebut.

Azerbaijan

Kantor berita negara Azertac menerbitkan sebuah artikel yang mengatakan, “Pesawat tempur nasional generasi kelima Turki, KAAN, berhasil menyelesaikan penerbangan perdananya pada Rabu dini hari.”

Georgia

Televisi nasional Georgian Public Broadcaster (1TV.GE) mengumumkan bahwa jet tempur generasi kelima Türkiye “KAAN” telah melakukan penerbangan pertamanya.

Kisah tersebut memaparkan spesifikasi teknis kendaraan tersebut, mulai dari kemampuannya untuk bekerja dengan berbagai platform hingga melakukan serangan presisi pada kecepatan supersonik, semuanya dikaitkan dengan sistem kecerdasan buatannya.

Dengan demikian, Türkiye menjadi salah satu negara yang mampu memproduksi jet tempur generasi kelima, demikian ceritanya.

“Penerbangan pertama prototipe KAAN Turki berhasil diselesaikan,” kata Forbes Georgia, menambahkan bahwa jet tempur tersebut akan memungkinkan kemampuan pertahanan Türkiye menjadi lebih kuat dan meningkatkan pentingnya Angkatan Udara Turki, sebagai jet tempur berteknologi tinggi yang diproduksi di dalam negeri. akan memasukkan inventarisnya

0/Post a Comment/Comments