Kapal perang Turki berlabuh di Mogadishu berdasarkan kesepakatan pertahanan Somalia


[WARTANUSANTARA.ID] 
Sebuah kapal Angkatan Laut Turki tiba di Pelabuhan Mogadishu pada hari Selasa setelah penandatanganan perjanjian pertahanan dan ekonomi antara Somalia dan Türkiye pada bulan Februari tahun ini.

TCG Kınalıada F514 berlabuh di pelabuhan dua bulan setelah perjanjian penting ditandatangani antara kedua negara, di mana Türkiye berkomitmen untuk memberikan dukungan keamanan maritim ke Somalia.

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud dan beberapa menteri serta Duta Besar Turki untuk Somalia Alper AktaÅŸ menghadiri upacara penyambutan tersebut.

Mohamud mengatakan dalam upacara tersebut bahwa Türkiye telah membantu Somalia berkali-kali, menyebutnya sebagai “negara sahabat dan persaudaraan,” dan berterima kasih atas perjanjian untuk melindungi Somalia.

Ia mengatakan berkat perjanjian pertahanan tersebut, angkatan laut Somalia akan menjadi lebih kuat.

Menteri Pertahanan Somalia Abdulkadir Mohamed Nur mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa perjanjian pertahanan tersebut merupakan tanda kuatnya hubungan antara kedua negara.

“Perjanjian itu sendiri memuat bagian-bagian yang berbeda, satu bagian bersifat ekonomi, dan bagian lainnya bersifat militer. Sebagian besar pekerjaan berjalan dengan baik dan kapal ini merupakan bagian dari bagian militer, dan bagian lainnya direncanakan akan dilaksanakan,” dia berkata.

Menyatakan bahwa perjanjian yang ditandatangani antara Türkiye dan Somalia merupakan indikasi kuatnya hubungan antara kedua negara bersaudara tersebut, Duta Besar Aktaş mengatakan bahwa Türkiye akan melanjutkan dukungannya dengan tekad dalam lingkup melindungi kedaulatan dan keutuhan wilayah Somalia.

“Keamanan Somalia juga merupakan keamanan Türkiye. Kami tidak pernah menganggap stabilitas Somalia terpisah dari stabilitas negara kami sendiri,” katanya.

Türkiye dan Somalia juga menandatangani perjanjian kerja sama minyak dan gas alam lepas pantai bulan lalu, yang semakin memperkuat hubungan setelah menyetujui perjanjian pertahanan.

Sebagai sekutu dekat negara Tanduk Afrika, Türkiye telah berinvestasi di bidang pendidikan, infrastruktur dan kesehatan, serta memberikan bantuan kemanusiaan yang luas.

Sumber : Daily Sabah

0/Post a Comment/Comments