Sabtu, 09 Januari 2021

Menjelang Pilpres Turki 2023, Erdogan Bangun Koalisi Lebih Besar

Semoga koalisi baru segera terbentuk.

Antara AKP- MHP- Saadet. Untuk menghadapi pilpres Turki 2023 mendatang.

Walaupun ada perpecahan di internal partai Saadet, semoga yang terbaik mereka bisa putuskan untuk masa depan Turki.

(Pertemuan Erdogan dengan penasihat Partai Saadet)



Saat ini Partai MHP sudah firm berkoalisi dengan AKP, sedangkan partai Saadet masih beda pendapat, sebagian kader Saadet ingin gabung dengan koalisi AKP-MHP. Dan sebagian lagi masih ingin beroposisi.

(Pertemuan Erdogan dengan Ketua MHP)


Sedangkan AKP akan mendapatkan tambahan dukungan dari partai demokrasi Turki dibawah Gultekin Uysal. Partai Grand Unity (BBP) dan beberapa partai non parlemen lain.

Dengan begitu, AKP hanya perlu menunggu sikap resmi partai Gelecek pimpinan Davutoglu dan Partai Deva pimpinan Ali Babacan.

Koalisi yang sudah terbangun saat ini sebenarnya sudah cukup kuat untuk memastikan Erdogan kembali berkuasa, terutama untuk menghadapi partai CHP-HDP-IYI. 

Namun begitu, rekonsiliasi nasional akan sangat diperlukan untuk kepentingan Turki, bukan saja kepentingan Erdogan dan AKP saja.

Walaupun Posisi Erdogan cenderung aman untuk pilpres mendatang, tapi kemauan Erdogan merangkul banyak kalangan adalah nilai lebih bagi dia sebagai negarawan yang tidak jumawa dan arogan.

Pilpres Turki 2023 adalah pilpres terakhir yang bisa diikuti oleh Erdogan. Dan pilpres ini akan menjadi pilpres terpanas sepanjang AKP berkuasa sejak 2002.

Tengku Zulkifli Usman.

*Judul hanya tambahan dari admin


Semoga koalisi baru segera terbentuk. Antara AKP- MHP- Saadet. Untuk menghadapi pilpres Turki 2023 mendatang. Walaupun...

Dikirim oleh Tengku Zulkifli Usman pada Sabtu, 09 Januari 2021

Artikel Terkait