Selasa, 03 Agustus 2021

KKM STEI AL-ISHLAH CIREBON RESMI DIBUKA

[wartanusantara.idBobos-Cirebon, 02 Agustus 2021 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Kampus STEI Al-Ishlah Cirebon telah mengadakan Pembukaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tahun 2021 di Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka melalui daring/online yang dimana jumlah masing-masing terbagi kelompok 10 desa, mahasiswa yang tergabung terdiri dari 3 program studi yaitu Ekonomi Syariah, Manajemen Bisnis Syariah & Perbankan Syariah.

 


Dalam penyampaian laporannya Ketua Pelaksana KKM sekaligus ketua LPPM STEI Al-Ishlah Bapak Gustani SEI, M.Ak., SAS, mengatakan bahwa KKM STEI Al-Ishlah Tahun 2021 ini kami memutuskan untuk menempatkan progam kami di Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka yang tersebar di 10 Desa, KKM ini dilaksanakan selama 1 bulan yaitu dimulai pada tanggal 01 Agustus s/d 31 Agustus 2021. 


Selama KKM, mahasiswa bersama Dosen Pembimbing Lapangan yang terdiri dari 5 DPL setiap satu DPL membimbing 2 kelompok desa yang ditugaskan mampu membimbing, mengarahkan mahasiswa dengan menggagas program-program yang bisa dilakukan bersama dan berkesinambungan dengan tema KKM yang dirintis oleh panitia di tempat KKM. Sinergi dan kolaborasi diharapkan dapat terjalin oleh peserta mahasiswa KKM STEI Al-Ishlah dengan mitra kerja Pemerintahan Daerah setempat, sehingga memberikan wawasan dan informasi kepada mahasiswa untuk bekal mendarmakan ilmunya untuk masyarakat di sekitar mereka.’’ Ucapnya



Sementara itu dalam sambutannya Ketua STEI Al-Ishlah Dr. H. Achmad Kholiq, MA, menyampaikan apresasi yang tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Majalengka yang telah mengijinkan LPPM STEI Al-Ishlah dan seluruh Mahasiswa/i STEI Al-Ishlah yang mengikuti untuk melakukan pengadian KKM yang tersebar di desa Kecamatan Sindangwangi. Mahasiswa sebagai bagian dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan peran dan fungsinya sebagai rule of model dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Salah satu poin di dalamnya yaitu pengabdian kepada masyarakat. Poin pengabdian masyarakat ini dapat diarahkan pada kepedulian terhadap permasalahan di masyarakat, terutama pada masa pandemi covid-19 ini. 


Dengan ini, kami telah merancang dan terus mengupayakan, memberikan yang terbaik dan perubahan bagi masyarakat yang ada di desa Kecamatan Sindangwangi dengan melaksanakan program-program yang sesuai dengan prioritas tema kami, yang berkualitas dan unggul yang dimana nanti akan di realisasikan oleh peserta mahasiswa/i KKM STEI Al-Ishlah Cirebon. Ujarnya dalam sambutan.


Dalam sambutan dari Kecamatan Sindangwangi yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Camat yaitu Ibu Hj. Iyoh Sariah, S.Sos dalam sambutannya menyambut dengan baik mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa KKM STEI Al-Ishlah di Kecamatan Sindangwangi, kemudian beliau juga menyampaikan terkait potensi-potensi yang ada di Kecamatan Sindangwangi, baik wisata, hasil pertanian dan makanan khas masyarakat Sindangwangi. ‘’Tuturnya dalam sambutan


Kemudian sambutan yang terakhir di sampaikan oleh perwakilan sekretaris BAPEDALITBANG yang dalam hal ini di wakili oleh Sekertaris BAPEDALITBANG yaitu Bapak Wawan Sarwanto, ST., MH. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kami menyambut baik atas adanya pelaksanaan KKM STEI Al-Ishlah yang ada di desa kecamatan Sindangwangi juga menyampaikan gambaran secara umum tentang apa yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Majalengka khususnya di Kecamatan Sindangwangi yang masih membutuhkan perhatian khusus, dengan hadirnya Mahasiswa/i Peserta KKM STEI Al-Ishlah Cirebon, mudah-mudahan bisa bekerjasama membangun Desa bersama melalui sektor Pendidikan dan Ekonomi masyarakat dengan mengangkat dan membantu meningkatkan ekonomi desa wisata potensi alam yang berada di setiap desa kecamatan Sindangwangi melalui media digital dengan cara mempromosikan serta dapat mengedukasikan tempat-tempat wisata.’’ujarnya


Melalui program ini diharapkan dapat membawa pengaruh dan manfaat bagi perkembangan wisata daerah dan juga masyarakat setempat. Tak lupa juga beliau memberikan pesan di tengah pandemi Covid-19, peserta KKM sangat perlu menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh. Pola hidup sehat wajib dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Artikel Terkait