Tuesday, July 2, 2019

Sosok Ayah menurut Al-Qur’an

Oleh Fahri M Fauzi  


Orang tua adalah sosok layaknya pahlawan bagi anak. Orangtua harus bisa mendidik anak dengan baik dan bisa mengayomi. Tak hanya melalui pengajaran formal, namun perilaku orangtua bisa menjadi contoh dominan bagi anak. Oleh karena itu tak mudah menjadikan anak kita sebagai generasi cerdas dan berakhlak baik. Terkecuali kita sebagai orangtua bisa menjaga sikap kita agar ditiru oleh generasi selanjutnya nanti.

Seperti yang telah di bicarakan oleh ust Bachtiar Nashiir dalam satu tulisanya yaitu, peran ayah terhadap anaknya banyak jenisnya, ayah bisa berperan sebagai teman bermain, semakin sering ayah bermain dengan anak, bisanya semakin berkualitas mental anaknya. Kemudian peran sebagai pendidik, pengasuh, pelindung, dan partner atau mitra bagi sang anak. “perlu diingat bahwa kehadiran ayah dalam kehidupan anak, ternyata punya makna yang besar sebab ayah memiliki peran yang berbeda dengan ibu dalam kehidupan anak”.

Jika ayah bisa memainkan peran dan fungsinya sebagai orangtua yang baik,  menjadi teladan bagi anak tidak akan sulit mewujudkan cita-cita rumah sebagai surga  yang menjadi dambaan bagi setiap anggota keluarga.

Dalam hal ini kita mengasumsikan contoh yaitu sosok Lukman al-Hakim yang mana kisahnya diabadikan nama surat dalam kita suci Al-Qur’an. Ia adalah sosok yang mendidik anak dengan sebenar-benarnya hingga kemuliaan ia dapatkan langsung dari Tuhannya. Ia sosok orang tua yang sangat mengisnpirasi dalam Pendidikan keluarga. Prinsip pengasuhannya tetap relevan meski kisahnya terjadi ribuan tahun yang lalu.

Apa yang dilakukan Lukman al-Hakim tentulah bisa dilakukan oleh ayah masa kini. Hal yang perlu dilakukan ialah membangun kedekatan emosional sehingga anak merasa nyaman dan tidak merasa dikekang barulah sedikit-sedikit ia memberikan pengarahan seperti harapanya, menurut Nur Solikhin (2018) seorang anak akan senang hati mendengarkan dan menuruti nasihat dari sang ayah jika diantara keduanya terjalin emosional yang kuat.

Oleh karena itu peran ayah sangat diperlukan disini sebagai mana yang terjadi di era milenial ini yang mana teknologi semakin berkembang, ada banyak efek negatif yang mengintai anak-anak. Mereka butuh orangtua yang mampu mengawal tumbuh kembangnya untuk menjadi pemuda hebat dikemudian hari.

Artikel Terkait