Wednesday, March 25, 2020

6 Tips Ngatur Keuangan di Kalangan Mahasiswa

Oleh Tiara Sri Wulandari


Manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Salah satunya adalah mengatur keuangan.  Terkadang, mengatur keuangan itu  disepelekan hingga malas untuk dilakukan. Padahal mengatur keuangan penting agar hidup terhindar permasalahan finansial. Sebagai seorang mahasiswa, kita  perlu mulai berlatih menjadi bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi. Apalagi ada Mahasiswa yang harus nge Kos kan,karena tempat kuliahnya jauh.

Nah mungkin, kamu memang belum berpenghasilan, tetapi kamu  harus mulai belajar mengatur keuangan bulanan milik sendiri. Malu dong kalau harus terus minta ke orang tua setiap uang habis. Cepat atau lambat, kamu harus bisa mencapai kemandirian finansial.

kemandirian finansial Ini adalah kondisi ketika kamu bisa membiayai kebutuhan dirimu sendiri tanpa mengharapkan bantuan dari orang tua. Sebelum sampai di tahap itu saat bekerja nanti, ada baiknya kamu mulai belajar dari sekarang.

Ibaratkan saja uang kiriman dari orangtua adalah gaji bulanan. Jika sudah terbiasa latihan mengatur keuangan sendiri, saat mendapat gaji bulanan yang sebenarnya, pasti akan menjadi terbiasa. Nggak ada lagi tuh istilah tanggal tua karena kamu tidak akan kehabisan di pertengahan hingga akhir bulan.

Lalu, bagaimana ya cara mengatur keuangan mahasiswa?. Ini dia tips jitu nya

1.      Anggarkan Setiap Kebutuhan Bulanan
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat anggaran kebutuhan.. Tentu saja jika ingin lebih cerdas dalam memanfaatkan uang, harus tahu apa tujuan Anda dengan uang tersebut. Harus bisa menjabarkan secara jelas dan spesifik apa yang menjadi tujuan dari pengeloaan keuangan. Dan apa saja langkah nyata yang akan diambil untuk berusaha mewujudkan tujuanmu.

2.      Buatlah Catatan Keuangan
Mulailah membuat catatan keuangan. Kamu perlu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran harianmu. Mungkin, ini terlihat ribet dan membuatmu malas. Atau terkadang kamu lupa untuk mencatat pengeluaranmu. Padahal ini penting sekali untuk mengetahui kapan dan untuk apa kamu menggunakan uang.

3.      Belajar untuk bisa menabung
Bagaimanapun caranya, kamu harus berusaha untuk bisa menabung. Menabung adalah kebiasaan yang harus dipaksakan dan dimulai sejak dini. Dengan menanamkan kebiasaan menabung secara tidak langsung akan membuat bergaya hidup sederhana dan tidak mudah menghambur-hamburkan uang.

4.      Melakukan Evaluasi Keuangan
Setelah membuat anggaran dan catatan keuangan, kamu akan tahu total pendapatan dan pengeluaranmu setiap bulannya. Dengan begitu, kamu mengetahui mana pengeluaran terbesarmu dan terkecilmu. Adanya catatan keuangan adalah salah satu cara untuk mengevaluasi mana pos pengeluaran yang bisa kamu hemat, mana yang sudah pas, atau mana yang masih kurang.

Evaluasi seperti ini bisa kamu lakukan setiap bulan. Kamu akan tahu untuk apa dan kapan kamu menghabiskan uang. Besar kecilnya anggran dan pengeluaran bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu setiap bulan yang berbeda-beda. 

5.      Cerdaslah dalam Melakukan Pengeluaran
Pengeluaran harian, mingguan, maupun bulanan harus kamu perhatikan. Mengelola pengeluaran dengan bijak tentu akan berpengaruh pada keuanganmu.

6.      Mencari Tambahan Penghasilan
Kamu bisa bekerja part time di kota tempat tinggalmu atau Menambah penghasilan      juga bisa dilakukan dengan membuat bisnis.

Selain bisa menambah penghasilan, bekerja sambil kuliah bisa menambah pengalaman kerjamu. Saat lulus kuliah nanti, kualitas dirimu akan lebih tinggi karena sudah memiliki pengalaman pekerjaan.

Demikian langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan. Mulailah mengatur keuanganmu dari sekarang agar dapat sukses secara finansial di kemudian hari.

 Referensi :

Artikel Terkait