Islam Di Nusantara

1.Awal Masuknya Islam ke Nusantara



Ada dua pendapat mengenai masuknya Islam ke Nusantara. Pendapat Pertama, Islam masuk ke Indonesia pada abad ke- 7 M. Diantara bukti-buktinya :


  a. Catatan sejarah kerajaan Cina 

Orang-orang Tha – Shih berencana untuk menyerang Kerajaan Holing yang dipimpin Ratu Sima (674M), namun dibatalkan. Sebutan Tha-Shih sebagai orang-orang Arab.

  b. Berita Chou Ku-Fei (1178M) 

Di daerah Indonesia terdapat dua tempat komunitas orang Tha-Shih, yaitu Fo-lo-an dan Sumatra Selatan. Wilayah ini merupakan kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. Fo-lo-an sekarang lebih dikenal sebagai Kuala Brang, Trengganu, Malaysia. 

c. Berita Jepang (784 M) 

Seorang pendeta Khanshin melakukan perjalanan ke Indonesia, menemukan kapal-kapal Po-sse dan Ta-Shih K-uo. Po-sse ditafsirkan sebagai orang Melayu, sementara Ta-Shih sebagai orang Arab dan Persia. 

d. Hasil Seminar ‘Masuknya Islam ke Indonesia’ 

Menurut kesimpulan hasil seminar yang diadakan di Medan pada tahun 1963 menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada tahun pertama hijriah atau abad ke-7 M dan langsung dari Arab. Daerah pertama yang didatangi oleh Islam ialah Pesisir Sumatra.

 Sementara pendapat kedua menyatakan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke – 13 M. Pendapat ini berdasarkan adanya kerajaan Samudra Pasai yang bercorakan Islam. Bukti-buktinya sebagai berikut :

  a. Catatan Perjalanan Marcopolo (1292 M) 

Catatan ini mengisahkan tentang perjalanan Marcopolo yang sempat singgah di Kerajaan Samudra Pasai dalam pelayaran kembali ke Eropa dari Cina

  b. Berita Ibnu Batutah
Pendapat kedua ini didukung oleh berita Ibnu Batutah pada abad ke – 13 M serta batu nisan Sultan Malik As-Saleh yang ditemukan di Sumatra Utara dan berangka tahun Ramadhan 676 H (1297 M). Sultan Malik As-Saleh dikenal sebagai pengajar tasawuf yang kemudian menjadi raja di Kerajaan Samudra Pasai. 

 Secara umum asal usul masuknya Islam ke Indonesia ada tiga teori, diantaranya :

  a. Teori Gujarat 

Teori ini menyatakan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13. Pendukung teori ini adalah Snouck Hurgronye, W.F. Stutterheim, dan Bernard H.M Vlekke.

  b. Teori Arab (Mekkah)

Teori ini merupakan teori sanggahan terhadap teori Gujarat. Teori ini berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada ke – 7 . pendukung teori ini adalah Hamka, Van Luer, dan T.W. Arnold.

  c. Teori Persia

Teori ini berpendapat bahwa agama Islam masuk pada abad ke – 13 dan pembawanya berasal dari Persia (Iran).
  catatan : tulisan ini merupakan rangkuman buku SKI karya Mukarom

0/Post a Comment/Comments