Thursday, March 21, 2019

Erwin Aksa Effect

Oleh: LJ. Subiakto*

Bergabungnya politikus Golkar, Erwin Aksa ke kubu 02 Prabowo-Sandi membuat peta persaingan Pilpres 2019 semakin menarik.

Berpindahnya Erwin yang juga pengusaha itu dari kubu 01 sebagaimana dukungan partainya, ke kubu 02 disebut-sebut diikuti juga oleh sejumlah pengusaha lainnya. Inikah "Erwin Aksa Effect"?.

Keponakan Wapres Jusuf Kalla itu disebut tidak membawa gerbong kosong dengan pindah ke kubu Prabowo-Sandi. Hal ini seperti disampaikan wartawan senior yang juga karib Prabowo.

"Jangan dikira melompatnya Erwin Aksa ke kubu no 2 tanpa perhitungan dan informasi siapa yg bakal menang ya...
Sttttt...Erwin gak lompat sendiri ya. Ribuan pengusaha ternyata  menjadi "mualaf" ikut langkah Erwin. Hari ini Kamis (21/3) rencananya 1000 pengusaha  lebih riil (bukan karyawan yg dikerahkan), akan memberikan dukungan kepada Pak Prabowo- Mas Sandi. Erwin kemarin sdh menghubungi Pak Prabowo dan dia membawa gerbong  pengusaha itu," kata dia, melalui akun Facebook, Kamis (21/3).

Bahkan, Naniek menyebut seorang pengusaha nasional yang juga tokoh besar dari partai yang sama dengan Erwin Aksa juga telah menyatakan bergabung.

"Masih kemarin (Rabu, 20/3), tokoh besar dari toko sebelah juga mendatangi Pak Prabowo mengabarkan bahwa kemenangan sdh di depan pintu dan menyatakan bergabung. Semangat," tambah Naniek.

Meski Naniek tak menyebut siapa nama pengusaha yang ikut 'hijrah' ke kubu Prabowo-Sandi, beredar foto di media sosial, pengusaha yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie bersama salah satu putranya Anindya Bakrie berfoto bersama Erwin Aksa dan Cawapres 02 Sandiaga Uno. Tidak diketahui kapan foto itu diambil.

Sebelumnya, Erwin menyebut banyak pengusaha yang merasa sungkan mendukung Prabowo-Sandi. Hal itu dilakukan, bisa jadi karena mereka khawatir tidak 'kebagian' proyek dari pemerintah.

"Dari pilpres ke pilpres, biasanya banyak pengusaha yang sungkan bila tak mendukung calon incumbent (petahana). Mungkin takut nggak dapat proyek di pemerintahan," kata Erwin.

Terkait dukungannya kepada Sandiaga Uno, Erwin menegaskan bahwa itu semata karena persahabatan. Dia membantah ada motif politik.

Jadi apakah "Erwin Aksa Effect" bakal membawa gelombang hijrah pengusaha ke kubu Prabowo-Sandi? Yang jelas Kamis (21/3) malam ini Aliansi Pengusaha Nasional bakal menggelar Silaturahim 1000 Pengusaha Nasional Lintas Sektoral untuk Indonesia Menang. Kita nantikan lahirnya 'Erwin Aksa - Erwin Aksa' lainnya.

*Penulis, penikmat kopi, pegiat UMKM dan media sosial

Artikel Terkait