Monday, August 12, 2019

Dampak begadang yang tidak baik bagi kesehatan

Oleh Muhammad Hammam Abdullah

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting dan di perlukan oleh makhluk hidup. Jika pola tidur tidak teratur atau sering begadang maka banyak efek yang tidak baik bagi kesehatan yang timbul akibat sering begadang .

Inilah efek dari begadang kita telaah satu persatu:

·         Mengantuk terus-terusan

Akibat dari kurangnya tidur atau sering begadang akan mengakibatkan kita sering menguap dan tidur yang tidak teratur, seperti mengantuk terus menerus, rasanya tidur dipagi hari hingga siang tidak cukup karna efek dari begadang tersebut.

·         Pusing

Jika anda begadang dan tidak istirahat semalaman, maka yang dirasakan dipagi hari ketika kembali beraktivitas adalah, kepala pusing dan tidak konsen terhadap kegiatan yang di kerjakan.
·         Sering menguap dan kurang konsentrasi

Kurang tidur dimalam hari atau sering begadang, akan mengakibatkan kegiatan dipagi hari akan terganggu efek dari begadang tersebut.

Sering menguap akibat dari kurangnya tidur di malam hari, jika sering menguap maka kegiatan yang sedang kita lakukan tentu mengganggu konsentrasi.

·         Menambah berat badan

Orang yang begadang cendrung akan banyak memakan cemilan berkalori dimalam hari, dan juga kebanyakan dari orang-orang yang begadang akan mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dan tentunya dengan porsi yang lebih besar. Dan itu sebabnya orang yang sering begadang dan tidur kurang dari tujuh jam cenderung mengalami kenaikan berat badan.

v Risiko kanker

Ternyata efek begadang juga berkaitan dengan peningkatan risiko terkena kanker.
Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan kurang tidur, memiliki risiko terkena kanker yang tinggi. Belum diketahui pasti apa efek begadang terhadap kemunculan kanker, namun diduga berkaitan dengan stress dan kerusakan sel tubuh.

Setelah mengetahui bahwa efek begadang tidak ada yang baik bagi tubuh, kini saatnya anda berfikir dan mengutamakan pola hidup yang sehat, dan berpikir lagi sebelum memutuskan untuk begadang.

Usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidur minimal tujum jam dalam sehari “ujar dr. kevin Adrian ” Dilansir alodokter.com.

            Seperti yang kita ketahui begadang merupakan hal yang tidak baik begi kesehatan, dan pola tidur yang baik adalah salah satu bentuk upaya untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit akibat sering begadang.

Selamat membaca

Oleh: Muhammad hammam Abdullah
Mahasiswa : STEI SEBI
Email: hammam.abdullah10@gmail.com


Artikel Terkait