Hakikat Kemerdekaan Bagi Generasi Z


Oleh : Fadhlur Rohman Choer

Tak lama dihebohkan dengan generasi millenials. Menurut halaman tirto.id Generasi Millenials atau Generasi Y adalah kelompok manusia yang lahir diatas tahun 1980-an hingga 1997. Mereka disebut millenials karena satu-satunya generasi yang pernah melewati milenium kedua sejak teori generasi dihembuskan pertama kali oleh Karl Mennhiem 1923.

Kini hadir generasi baru yakni Generasi Z. Menurut wikipedia generasi z adalah generasi setelah y atau sering kita sebut generasi millenials. Di Indonesia sendiri mempunyai interval umur Generasi Z yaitu kelahiran tahun 1995 sampai 2010 (menurut tirto.id).

Karakteristik Gen-Z yaitu ingin serba cepat, mudah di akses dan simple, menjadikan perkembangan teknologi saat ini menjadi sangat maju dan dapat konsumsi oleh kalangan generasi z. Tak hanya pandai dalam teknologi sisi lain dari Generasi Z ialah mempunyai nilai-nilai dalam berkarakter serta menghargai dalam keberagamaan. Akan tetapi, karakterisasi tersebut tidak membuat Generasi Z kebal dari bibit intoleran.

Selayaknya Generasi Z menjunjung nilai dan norma yang sudah di bangun oleh para pahlawan dahulu kala ketika zaman penjajahan. Sekarang indonesia sudah merdeka namun belum merdeka suutuhnya dari penindasan karakter dan budaya. Seiring zaman sudah canggih tantangan pun semakin meninggi.

Kini umur indonesia sudah 74 tahun semenjak pak proklamator menyampaikan aspirasi mimpi dari masyarakat Indonesia kepada seluruh dunia. SDM Unggul Indonesia Maju ialah tema Hut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Untuk mencapai itu semua ada beberapa hakikat kemerdekaan yang perlu ditanamkan bagi setiap generasi z yaitu :

Pertama, Menjaga kelestarian lingkungan.

Langkah konkret yang dapat diambil oleh Generasi Z bahkan oleh semua kalangan ialah membuang sampah pada tempatnya. Semestinya kita semua mempunyai kesadaran pentingnya menjaga kelestarian lingkungan bukan hanya persoalan teknologi melainkan alam pun menjadi persoalan kita semua agar nantinya mempunyai keseimbangan dalam berkehidupan.

Kedua, Berkarakter dan Berbudaya Indonesia.

Jikalau kita ingin melihat karakter dan budaya indonesia semestinya kita mengacu kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara kita. Tutur kata dan tingkah laku nya sangatlah menjadi tauladan bagi rakyat indonesia. Oleh karena itu tak pantas kita Generasi Z mendegragradasi nilai dan norma yang sudah dibangun dan dijaga oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Dari kedua hakikat kemedekaan itu semestinya ditanamkan dan diterapkan bagi seluruh rakyat Indonesia terkhusus bagi Generasi Z yang kini semakin unggul dan maju. Untuk menghadirkan itu semua perlu adanya kerja sama kita sebagai rakyat Indonesia agar berhasil mencetak SDM Unggul dan menjadikan Indonesia Maju.


*judul dan konten semuanya tanggung jawab penulis yang bersangkutan

0/Post a Comment/Comments