4 Hal Sepele yang Sering Diabaikan Oleh Moderator

Oleh : Asad Hernandez

Sering sekali kita mendengar kata tentang moderator, namun tak disangka, ternyata masih banyak di antara kita yang belum tau apa itu Moderator. Dan apa bedanya moderator dengan MC (Master of Ceremony)

Menurut KBBI, Moderator adalah orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit, dan sebagainya). Atau pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi pengarah pada acara pembicaraan atau perdiskusian masalah.
(Source : Pixabay.com)

Sedangkan MC (Master of Ceremony) adalah orang yang bertugas sebagai tuan rumah sekaligus pemimpin acara dalam panggung pertunjukan, hiburan, pernikahan, dan acara-acara sejenis.

Nah, untuk kamu yang baru pertama kali di tunjuk sebagai moderator dalam acara seminar. Ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan untuk menjadi seorang moderator yang baik.

1.      Kenalilah Audiens mu
Ini adalah langkah yang paling awal untuk menyesuaikan dirimu dengan para audiens. Dengan mengetahui karakter para audiens, kita akan sangat mudah untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi diatas panggung. Sehingga kamu bisa menjadi penengah yang baik.

2.      SKSD itu Perlu
Selain mengenali Audiens, kamu juga perlu mengenal siapa pembicara yang akan tampil di acara tersebut. Kamu harus bisa bersikap Sok Kenal Sok Dekat (SKSD) dengan si pembicaranya, agar tidak terlalu tegang saat tampil diatas panggung. Misalnya bertanya kabar terlebih dahulu, terus menanyakan bagaimana di perjalanan tadi, dsb.

3.      Pahamilah Materi yang Akan disampaikan Oleh Pembicara
Setelah mengetahui Karakter Audiens dan mengenal Pembicara. Kamu harus paham materi apa yang akan disampaikan oleh si Pembicara. Agar kamu tidak Blank saat acara berlangsung. Cobalah untuk meminta penjelasannya terlebih dahulu sebelum kamu menaiki panggung. Meminta data Slide yang telah disiapkan, sampai kamu benar-benar memahami apa yang akan disampaikan oleh pembicara.

4.      Kuasai Panggung
Karena disini posisi kamu sebagai Moderator, kamu harus benar-benar menguasai panggung. Karena disini kamu sebagai penengah. Berbicara lah dengan tegas dan lugas, serta berikanlah penampilan yang terbaik dari dirimu.

Selamat Belajar, jadilah orang yang Berjiwa Besar.

Reference :
3.      https://kbbi.web.id/mc 

0/Post a Comment/Comments