Cara Mudah Terhindar Dari Berbagai Penyakit


Oleh : Firliyanih Hidayah

Teman-teman sangat diperlukan menjaga kesehatan tubuh, karena dengan menjaga kesehatan kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Banyak yang menyepelekan tentang pentingnya kesehatan karena jika raga sehat tentunya semua aktivitas yang kita lakukan akan menghasilkan hal yang baik, sementara jika raga bermasalah maka aktivitas pun akan tergaggu terlebih juga dapat mengganggu ketenangan hati. Disini saya akan menjelaskan agar teman-teman mengerti sebelum terlambat.


Kesehatan yang benar bukan tidak ada penyakit, tetapi kesehatan yang benar adalah munculnya vitalitas badan sehingga marahnya terkontrol, mood nya terkontrol. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk memilah dan memilih makanan yang akan diproses di dalam tubuh kita. Sebagai manusia kita diciptakan dari tanah oleh sebab itu makanan yang ditanam sangatlah menyehatkan dibandingkan dengan makanan ynag serba instatan seperti fast food dan makanan yang ninutrisi seperti junk food, sangatlah disayangkan karena masyarakat indonesia begitu menyukai makanan cepat saji karena begitu praktis dan rasanya enak tetapi apakah tidak pernah terpikir semakin banyak makanan seperti itu akan sangat mudah mengidap suatu penyakit.
ketika ingin memulai pola hidup sehat, kita harus memikirkan gizi apa saja yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi dalam satu piring. Makanan yang baik seperti:
1.        Rimpang-rimpangan jika dikonsumsi dalam kondisi yang sedikit sudah banyak sekali manfaatnya. Apa yang kita makan akan membentuk gen. Perilaku kita ditentukan oleh makan. Makan lah makanan yang masih alami tanpa diolah salah satunya seperti:
a.    Kunyit berfungsi salah satu sebagai anti nyeri, anti peradangan, anti aging terbaik.
b.    Jahe berfungsi untuk memakan radikal-radikal bebas dalam tubuh kita.
c.    Cinamon untuk memperbaiki ginjal pankreas, kayu manis di campur dengan nanas manfaatnya luar biasa.
d.  Black paper ( lada hitam) ganti teh menjadi bumbu teh kayu manis.
e.   Kopi salah satu pembakar lemak yang baik tetapi jangan pakai gula.
f.    Cokelat adalah moodbosster yang luar biasa.
2.        Buah dan Sayuran, dua makanan ini sangat penting untuk kebutuhan tubuh kita karena banyak sekali manfaat yang didapatkan jika memakan buah dan sayur. Coba kita perhatikan perbedaan orang yang makan buah dan sayur sangatlah berbeda, orang yang memakan sayur dan buah tubuhnya akan segar dan mood nya akan senang sepanjang hari sementara orang yang tidak memakan buah dan sayur maka tubuhnya akan lemas sepanjang hari. Salah satu dari buah dan sayuran yang baik seperti:
a.       Pisang mengndung bahan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih bahagia  karena mengandung hormon kebahagiaan.
b.      Jagung : sebagai sumber vitamin C dan baik untuk pencernaan. Jagung juga sumber karbohidrat sebagai pengganti nasi.

So tertarik tidak dengan gaya hidup yang sehat? Kalian pasti sudah melihat banyak sekali manfaat yang dihasilkan dengan hidup sehat, mari kita ubah walaupun pelan-pelan tetapi tidak masalah yang penting ada kemauan karena sampai kapan pun jika kita tidak memberikan yang terbaik untuk hidup kita maka sampai mati pun sama aja. Mari hargai hidup kita dengan sedekah pada diri sendiri ketika makan sehat maka dinilai sebagai sedekah diri sendiri insya allah akan dinilai pahala. Untuk membangun peradaban islam tidak kalah penting makanan, karena makan akan memengaruhi ibadah. Pintu masuknya syaiton ada pada saat kenyang.



2/Post a Comment/Comments

Faisal ramdani mengatakan…
Seringnya mengkonsumsi sayur dan buahan tubuh menjadi lebih baik, juga terhidar dari beragam penyakit yang berbahaya serta mnejaga pola makan yang benar. terima kasih infonya gan
vagina gatal mengatakan…
buah dan sayur sangat baik untuk tubuh selain mecegah stroke juga tubuh tetap bugar