Monday, February 24, 2020

Ternyata Ilmu Psikologi sangat penting loh dalam Marketing, biar Closing bertubi-tubi

Oleh Wulan Purnama

Dalam dunia marketing ternyata sangat membutuhkan ilmu psikologi. Ilmu psikologi bisa menentukan keberhasilan penjualan kamu.


Berikut ini ilmu psikologi market yang out the box yang seing terjadi di masyarakat tanpa kita sadari.

1. Anggapan Mahal = Bagus

Supaya harganya terkesan mahal, naikkan hargnya lalu kasihlah diskon. Pembeli tentunya akan merasa senang jika bisa mendapatkan barang mahal namun diikuti dengan diskon. Konsumen lebih menyukai membeli kaos dengan harga Rp. 90.000,- dengan diskon 50%, ketimbang membeli kaos dengan harga Rp. 45.000 tanpa ada diskon. Strategi pemasaran ini cocok untuk diterapkan di toko busana, toko perhiasan, souvenir dan cindera mata. Apalagi lokasi tokonya berada di mall atau bandara, jangan ragu kasih harga mahal terus kasih diskon.

Dalam pembuatan diskonnya pun tidak asal-asalan, tentu ada beberapa trik yang perlu diterapkan,Misalnya saja dengan mengikutkan pada event-event tertentu.
Contohnya: “Dalam rangka….” atau “Memperingati…. kami berikan diskon….” Jika mendekati lebaran, “Lebaran telah dekat, Baju Baru, Diskon Gede!”
Bertepatan pada ulang tahun toko, “Dalam rangka ulang tahun toko ke 5, kami memberikan diskon 60%.

Melihat iklan penawaran seperti itu, siapapun akan tertarik untuk mendatangi toko Kita.

2. Adanya Timbal Balik

Berikan lebih dahulu maka kita akan diberi. Misalkan kita mempunyai bengkel mobil, Gartiskan ongkos Ganti Oli, maka konsumen akan membeli olinya ditoko Kita. atau misal menawarkan Cek angin ban ,maka bila kurang tambahlah anginnya sebagai free service .
Kita harus memperhatikan hal sepele namun memberi kesan lebih bagi konsumen.

3. Ikut-ikutan, yang penting rame dulu.

Pernahkan kita ikut-ikut sekedar ingin tahu ketika ada orang berkerumun menonton sesuatu ?

Ikut-ikutan lihat barang di Mall yang dikerumunin orang ?

Ikut-ikutan memperlambat jalan melihat kerumunan orang lagi nonton mobil kecemplung selokan ?

Itulah sifat manusia, ingin tahu saja. Jadi kalau Kita mau launcing harus rame.
Agar rame harus saat pembukaan harus Aneh, ada Penawaran, Menarik dan Dipercaya. Kita bisa menggunakan strategi Mie dan Teh Botol Rp. 7000, Beli emas dapet Payung seharga 40.000. Cuci Ulang Mobil Gratis, kalau besok hujan. Cuci mobil gratis.

Biarkan antrian mobil yang mau gratis nyuci parkir di luar atau badan jalan yang akan menjadi biang kemacetan. Sehingga pengendara yang lain akan bertanya ” Ada apa sih kok tumben macet? …

“Ooo ada Gratisan Nyuci Mobil Motor ya, ikutan ah”.

Nah, kalau rame orang datang, maka orang-orang yang tadinya cuman sekedar lewat jadi penasaran lihat kerumuman ditempat yang baru

Sumber :
FORUM BFMI INDO

Artikel Terkait